Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Motor Sport Ringkas Baru Aprilia, Pakai Mesin 300 cc?

Kompas.com - 31/01/2023, 08:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar sepeda motor sport 300 cc dalam waktu dekat akan kedatangan pesaing baru dari merek Italia, yakni Aprilia. Sebelumnya, segmen ini diramaikan KTM RC390, TVS Apache RR 310, BMW G310RR, dan Honda CBR300R.

Dikutip dari Rushlane, motor fairing dari Aprilia ini tertangkap kamera sedang dites di daerah Baramati, India. Hal ini bisa dilihat dari desainnya yang menyerupai kakaknya yakni RS660, dan RSV4.

Motor yang diduga memiliki kapasitas mesin 300 cc ini dibalut dengan kamuflase yang cukup berat. Selain itu di bagian belakangnya dipasang alat tes yang memonitor kendaraan.

Baca juga: Mau seperti Ducati, Aprilia Incar Pebalap Italia

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by evo India Magazine Official (@evoindia)

 

Secara desain, seperti yang dikatakan kalau ada garis-garis yang mirip dengan saudaranya. Walau tertimpa kamuflase, terlihat sedikit kemiripan dengan RS660, seperti di bagian depan dengan dua lampu utama dan aksesori lampu di tengah.

Bisa dilihat, posisi duduknya agak menunduk dan posisi foot step agak ke belakang, bergaya sporty. Bagian visor juga agak rendah ditambah tangki yang besar bungkusnya membuat pengendara makin percaya diri saat menikung.

Kemudian, terlihat juga di bagian depan memakai suspensi model USD dan monoshock di belakang. Bagian swing arm juga tampak memakai aluminium, bukan besi kotak biasa.

Baca juga: Video Viral Kabin Mobil Diubah Jadi Kasur Berjalan, Ingat Bahayanya


Menyoal mesin dan harga, memang belum ada pengumuman yang pasti. Cuma spekulasi yang ada, mesin memakai kapasitas 300 cc atau 400 cc satu silinder yang menghasilkan 35 TK sampai 40 TK dengan torsi sekitar 35 Nm.

Fitur yang disematkan seperti seperti ride-by-wire, pendingin cairan, slip & assist clutch, dan quick shifter. Kemudian di bagian rem sudah ABS dan dilengkapi dengan mode berkendara dan layar instrumen TFT. Estimasi harga diprediksi di kisaran 3,5 Lakh atau setara 64 jutaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com