Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/01/2023, 18:09 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nissan Motor Co. diketahui bermitra dengan Renault Group, perusahaan otomotif asal Perancis. Saat ini, Renault memiliki saham sebesar 43,4 persen di Nissan.

Dikutip dari Apnews.com, Senin (30/1/2023), Nissan sepakat akan mengembalikan sekitar 28,4 persen saham ke Renault. Sehingga, Renault akan memegang 15 persen saham di Nissan, sama seperti Nissan yang memiliki 15 persen saham di Renault.

Baca juga: Nissan Siap Perkenalkan Mobil Sport Listrik

Dalam pernyataannya, Nissan mengatakan bahwa pihaknya telah mencapai milestone penting dalam diskusi dengan Renault mengenai landasan baru dalam kemitraannya.

Roadmap moibl listrik Renault, Nissan, dan MitsubishiPAULTAN Roadmap moibl listrik Renault, Nissan, dan Mitsubishi

Perbedaan kepemilikan disebut-sebut menjadi penyebab gesekan, terutama setelah Nissan menjadi jauh lebih menguntungkan daripada Renault.

Kesepakatan atas perubahan tersebut masih dalam tahap finalisasi dan membutuhkan persetujuan dewan dari kedua perusahaan.

Baca juga: Nissan Serena Bergaya Camper, Hasil Karya Mahasiswa Jepang

Namun, Presiden dan CEO Nissan Makoto Uchida dan CEO Renault Luca de Meo, serta pejabat eksekutif dari kedua perusahaan dikabarkan telah menyetujui proposal yang diusulkan.

Dalam kesepakatan yang baru, nantinya Nissan diminta untuk berinvestasi di perusahaan kendaraan listrik dan perangkat lunak yang didirikan oleh Renault, yakni Ampere.

Selain itu, Nissan dan Renault juga akan bekerja sama dalam pemasaran, kendaraan, dan teknologi di Amerika Latin, India, dan Eropa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com