Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Keberanian Sopir Bus PO ALS Taklukan Kelok Kuburan Duo

Kompas.com - 27/01/2023, 16:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kondisi geografis daerah Sumatera kerap menjadi jalur yang paling menantang bagi para pengendara. Jalan yang berkelok dan curam membuat jalur di Sumatera sulit untuk ditaklukan, terutama oleh kendaraan besar seperti bus.

Bahkan, saat ini hanya layanan bus antar kota dan provinsi (AKAP) dari perusahaan otobus (PO) Antar Lintas Sumatera (ALS) yang mampu menaklukan tikungan di Kuburan Duo Rimbo Panti.

Seperti yang baru-baru ini viral video PO ALS tengah berupaya melewati tikungan ekstrem yang berlokasi di Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat tersebut.

Baca juga: Sikap Pengendara Saat Bertemu Iring-Iringan Mobil Prioritas di Jalan

Dalam cuplikan video dari akun youtube milik arishahab yang diunggah ulang oleh Instagram @videobusindonesia_, bus AKAP tersebut mengerahkan teknik berkendara dengan baik agar bisa melintasi jalan yang diapit jurang dan juga tebing.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Video Bus Indonesia (@videobusindonesia_)

 

Generasi ketiga dari salah satu pemilik armada PO ALS Sewan Delrizal Lubis mengatakan, jika layanan bus dari perusahaannya yang melintasi jalan ekstrim tersebut ialah rute Medan- Ujung Gading Pasaman Barat.

Lantaran harus melintasi jalan yang rumit, maka PO ALS mencari pengemudi dengan kemampuan berkendara yang sangat baik untuk menjadi sopir bus AKAP untuk rute in.

“Sopir untuk rute ini harus mahir betul dalam berkendara,” kata Sewan kepada Kompas.com, Jumat (27/1/2023).

Baca juga: Kelebihan Rem Kombinasi pada Motor Matik

Kemudian, sebagai keselamatan sopir dan penumpang, Sewan mengatakan jika pelayanan rute ini hanya beroperasi di siang hari. Kemudian bila ada longsor, bus akan menunda perjalanan.

Mengingat kondisi jalan sangat tidak baik dengan belokan sangat patah, kendaraan berjenis big bus yang melintasi kuburan duo rimbo hanya PO ALS.

“Kalau jenis bus medium ada banyak, tapi yang jenis big bus setau saya cuma ALS,” kata Sewan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com