Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viral, Keberanian Sopir Bus PO ALS Taklukan Kelok Kuburan Duo

JAKARTA, KOMPAS.com – Kondisi geografis daerah Sumatera kerap menjadi jalur yang paling menantang bagi para pengendara. Jalan yang berkelok dan curam membuat jalur di Sumatera sulit untuk ditaklukan, terutama oleh kendaraan besar seperti bus.

Bahkan, saat ini hanya layanan bus antar kota dan provinsi (AKAP) dari perusahaan otobus (PO) Antar Lintas Sumatera (ALS) yang mampu menaklukan tikungan di Kuburan Duo Rimbo Panti.

Seperti yang baru-baru ini viral video PO ALS tengah berupaya melewati tikungan ekstrem yang berlokasi di Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat tersebut.

Dalam cuplikan video dari akun youtube milik arishahab yang diunggah ulang oleh Instagram @videobusindonesia_, bus AKAP tersebut mengerahkan teknik berkendara dengan baik agar bisa melintasi jalan yang diapit jurang dan juga tebing.

Lantaran harus melintasi jalan yang rumit, maka PO ALS mencari pengemudi dengan kemampuan berkendara yang sangat baik untuk menjadi sopir bus AKAP untuk rute in.

“Sopir untuk rute ini harus mahir betul dalam berkendara,” kata Sewan kepada Kompas.com, Jumat (27/1/2023).

Kemudian, sebagai keselamatan sopir dan penumpang, Sewan mengatakan jika pelayanan rute ini hanya beroperasi di siang hari. Kemudian bila ada longsor, bus akan menunda perjalanan.

Mengingat kondisi jalan sangat tidak baik dengan belokan sangat patah, kendaraan berjenis big bus yang melintasi kuburan duo rimbo hanya PO ALS.

“Kalau jenis bus medium ada banyak, tapi yang jenis big bus setau saya cuma ALS,” kata Sewan.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/27/162100215/viral-keberanian-sopir-bus-po-als-taklukan-kelok-kuburan-duo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke