Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2023, 19:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) secara resmi meluncurkan 6 truk terbarunya yang dipergunakan untuk pengangkutan Bahan Berbahaya Beracun (B3), Rabu (18/1/2022).

Keenam model Hino 500 Series Ultimate Safety tersebut yaitu FG 260 JK ABS, SG 280 ABS, FL 260 JN FL 260 JW ABS, FM 280 JD ABS, dan FM 340TH ABS.

Dalam peluncuran tersebut, unit FM340TH ABS dihadirkan sebagai perwakilan dari keenam model baru dari Hino 500 Series Ultimate Safety.

Baca juga: 8 Unit Hino RM 280 Jadi Armada Baru PO Transport Express

Unit FM340TH ABS  dari Hino 500 Series / janlikaKOMPAS.com/JANLIKA Unit FM340TH ABS dari Hino 500 Series / janlika

Pada produk terbaru dari Hino ini telah dilengkapi sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) yang mencegah ban terkunci ketika dilakukan pengereman secara mendadak dan berfungsi menjaga traksi atau daya cengkram ban sehingga kendaraan dapat tetap dikendalikan dan lebih aman. ABS sendiri merupakan salah satu persyaratan bagi perusahaan pendistribusian bahan bakar minyak.

Masato Uchida, Presiden Direktur HMSI mengatakan jika perusahaan distribusi BBM mewajibkan kendaraan pengangkut memiliki pengereman ABS. Untuk itu, Hino Ultimate Safety hadir dengan ABS yang langsung bawaan dari pabrik,

“ Sehingga tidak perlu repot lagi untuk penambahan perangkat ABS atau modifikasi yang memakan biaya besar. Serta dengan warna kabin Merah, membuat unit ini, sudah siap bekerja,” kara Uchida pada peluncuran Hino 500 Series Ultimate Safety di Hotel Sultan Jakarta, Rabu (18/1/2023).

Baca juga: Merintis Pabrik Bihun Malah Jadi Karoseri Langganan Pemerintahan

Unit FM340TH ABS  dari Hino 500 Series / janlikaKOMPAS.com/JANLIKA Unit FM340TH ABS dari Hino 500 Series / janlika

Riyan Rozaq, Product Division HMSI mengatakan jika truk baru ini dilengkapi Air Conditioner (AC) serta Power window sehingga pengemudi atau penumpang lebih nyaman saat kendaraan beroperasi.

“Fitur ini supaya pengendara lebih aman tidak menghirup udara dari luar. Kemudian ada fitur Cabin Tilt Safety yaitu fitur pencegahan supaya jika kabin yang tidak terkunci dengan sempurna akan bunyi peringatan dari dalam kabin, sehingga pengemudi tahu kabin belum terkunci dengan sempurna agar terhindar dari kecelakaan,” kata Riyan di sela-sela acara peluncuran Hino 500 Series.

Kemudian, untuk meminimalkan biaya operasional terdapat Strainer yang dapat menghancurkan gel dari bahan bakar nabati sehingga lifetime fuel filter lebih lama dan biaya perawatan kendaraan lebih efisien.

“Kemudian dilengkapi lampu Daytime Running Light (DRL) LED untuk meningkatkan visibilitas truk agar mudah terlihat oleh pengendara lain dalam mendeteksi keberadaan truk,” kata Riyan.

Secara visual, Hino 500 Series Ultimate Safety hadir memiliki tampilan kabin lebih modern dan desain grill yang lebih lebar sehingga dapat meningkatkan aerodinamis yang baik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.