Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2023, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Valentino Rossi baru pensiun dari MotoGP di usia ke-42. Setelah itu, giliran Aleix Espargaro yang saat ini menjadi pebalap tertua di kelas utama.

Aleix tahun ini menginjak usia ke-34. Namun, dia terang-terangan mengatakan pesimistis bisa balapan hingga melewati usia 35 tahun.

Baca juga: Miguel Oliveira Diproyeksikan Jadi Pengganti Aleix Espargaro

Salah satu alasannya adalah perubahan motor MotoGP yang semakin menuntut fisik. Selain itu, format balapan juga berubah menjadi sprint race, di mana dalam satu pekan dilakukan dua kali balapan, Sabtu dan Minggu.

Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Austria 2022Dok. Aprilia Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Austria 2022

"Sekarang, saya tidak melihat diri saya ada di MotoGP melebihi 2024. Apa yang Valentino lakukan (balapan hingga usia 42) itu luar biasa, tapi saya pikir saya tidak memiliki kekuatan untuk melakukan itu," ujar Aleix, dikutip dari Crash.net, Selasa (17/1/2023).

Aleix mengatakan, untuk bisa terus balapan, dia ingin terlebih dahulu melihat performanya di 2024. Menurutnya, dengan jumlah seri yang ada sekarang dan ditambah format sprint race, akan sulit untuk balapan lebih dari usia 35 tahun.

Baca juga: Aleix Espargaro Yakin Bisa Tetap Kencang Musim Depan

Aleix Espargaro (Aprilia Racing) menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas ketiga atau FP3 MotoGP Inggris 2022 di Sirkuit Silverstone, Sabtu (6/8/2022). (Photo by Pau BARRENA / AFP)PAU BARRENA Aleix Espargaro (Aprilia Racing) menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas ketiga atau FP3 MotoGP Inggris 2022 di Sirkuit Silverstone, Sabtu (6/8/2022). (Photo by Pau BARRENA / AFP)

"Utamanya karena alasan mental. Contohnya, kalender 2023 gila, khususnya karena bagian akhir dari musim itu. Kita akan menghabiskan banyak waktu jauh dari rumah dan ketika Anda masih di bawah 25, itu mudah saja," kata Aleix.

Soal fisik juga menjadi alasan bagi Aleix, khususnya dalam bagaimana menjaga fisik tetap prima. Sebab, para pebalap MotoGP sekarang sudah seperti atlet sesungguhnya, di mana latihan harus terus dijaga hingga makanan yang dikonsumsi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.