Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aleix Espargaro Pesimistis Bisa Balapan hingga Seusia Rossi

Kompas.com - 18/01/2023, 11:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Valentino Rossi baru pensiun dari MotoGP di usia ke-42. Setelah itu, giliran Aleix Espargaro yang saat ini menjadi pebalap tertua di kelas utama.

Aleix tahun ini menginjak usia ke-34. Namun, dia terang-terangan mengatakan pesimistis bisa balapan hingga melewati usia 35 tahun.

Baca juga: Miguel Oliveira Diproyeksikan Jadi Pengganti Aleix Espargaro

Salah satu alasannya adalah perubahan motor MotoGP yang semakin menuntut fisik. Selain itu, format balapan juga berubah menjadi sprint race, di mana dalam satu pekan dilakukan dua kali balapan, Sabtu dan Minggu.

Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Austria 2022Dok. Aprilia Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Austria 2022

"Sekarang, saya tidak melihat diri saya ada di MotoGP melebihi 2024. Apa yang Valentino lakukan (balapan hingga usia 42) itu luar biasa, tapi saya pikir saya tidak memiliki kekuatan untuk melakukan itu," ujar Aleix, dikutip dari Crash.net, Selasa (17/1/2023).

Aleix mengatakan, untuk bisa terus balapan, dia ingin terlebih dahulu melihat performanya di 2024. Menurutnya, dengan jumlah seri yang ada sekarang dan ditambah format sprint race, akan sulit untuk balapan lebih dari usia 35 tahun.

Baca juga: Aleix Espargaro Yakin Bisa Tetap Kencang Musim Depan

Aleix Espargaro (Aprilia Racing) menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas ketiga atau FP3 MotoGP Inggris 2022 di Sirkuit Silverstone, Sabtu (6/8/2022). (Photo by Pau BARRENA / AFP)PAU BARRENA Aleix Espargaro (Aprilia Racing) menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas ketiga atau FP3 MotoGP Inggris 2022 di Sirkuit Silverstone, Sabtu (6/8/2022). (Photo by Pau BARRENA / AFP)

"Utamanya karena alasan mental. Contohnya, kalender 2023 gila, khususnya karena bagian akhir dari musim itu. Kita akan menghabiskan banyak waktu jauh dari rumah dan ketika Anda masih di bawah 25, itu mudah saja," kata Aleix.

Soal fisik juga menjadi alasan bagi Aleix, khususnya dalam bagaimana menjaga fisik tetap prima. Sebab, para pebalap MotoGP sekarang sudah seperti atlet sesungguhnya, di mana latihan harus terus dijaga hingga makanan yang dikonsumsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com