Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Tembus 363,6 Kpj, Ducati Masih Ingin Lebih Kencang Lagi

Kompas.com - 18/01/2023, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, motor paling kencang di kelas MotoGP adalah Ducati. Tercatat kecepatan maksimumnya bisa tembus hingga 363,6 kilometer per jam.

Catatan tersebut diraih oleh Jorge Martin saat balapan pada MotoGP Mugello 2022. Meski demikian, Ducati mengaku belum puas dan ingin motornya bisa lebih kencang lagi.

Baca juga: Pedrosa Percaya Marquez Bisa Merusak Rencana Ducati Musim Ini

Untuk diketahui, biasanya rekor top speed diraih saat sesi kualifikasi, di mana para pebalap benar-benar mencatatkan waktu tercepat dalam satu putaran.

Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Austria 2022. (Photo by VLADIMIR SIMICEK / AFP)VLADIMIR SIMICEK Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Austria 2022. (Photo by VLADIMIR SIMICEK / AFP)

Tapi, rekor top speed di Mugello berhasil dicatatkan saat Martin melewati lap kedua. Tentunya, dibantu juga dengan slipstream dari lawan yang ada di depannya dan trek lurus di sirkuit tersebut juga sangat panjang.

General Manager Ducati Corse Gigi Dall'Igna, mengatakan, untuk musim ini, motor, ban, dan trek yang digunakan untuk balapan membutuhkan tambahan tenaga.

Baca juga: 2022 Jadi Tahunnya Ducati, Sukses di Balapan dan Penjualan Motor

"Dengan tenaga yang lebih, Anda akan lebih kencang. Lalu, di atas itu semua, ada faktor yang sangat penting, dalam balapan akan jauh lebih mudah untuk menyalip di trek lurus dibandingkan saat di tikungan," ujar Gigi, dikutip dari Speedweek.com, Selasa (17/1/2023).

"Artinya, akan lebih mudah bagi pebalap dengan mesin yang sangat bertenaga untuk bisa memenangkan balapan," kata Gigi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com