Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masa Bulan Madu Stargazer Sudah Habis, Begini Kata Hyundai

Kompas.com - 14/01/2023, 08:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai menampik penjualan Hyundai Stargazer terus melorot sejak rilis Juli 2022 lalu. Meski mobil yang sempat digadang bakal jadi pesaing Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza itu mengalami penurunan pada akhir tahun lalu.

Fakta data berbicara. Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Stargazer pada Juli 2022 tercatat 500 unit, kemudian meningkat pada Agustus jadi 3.955 unit, sekaligus rekor tertinggi bulanan hingga saat ini.

Baca juga: Bahaya Pasang Kasur di Kabin Mobil, Penumpang Bisa Terlempar

Setelah itu penjualan Stargazer perlahan melandai. Pada September 2022 penjualan mobil low MPV itu turun jadi 2.839 unit, kemudian pada Oktober turun lagi jadi 1.484 unit, dan puncaknya November hanya 824 unit.

Mesin Hyundai Stargazer PrimeHMID Mesin Hyundai Stargazer Prime

Chief Operating Officer (COO) Hyundai Motors Indonesia (HMID) Makmur mengatakan, pada Desember 2022 penjualan Stargazer kembali meningkat, bahkan naik 100 persen ketimbang bulan sebelumnya.

"Performa retail sales di bulan November di 1.155 unit, dan Desember hampir 2.700 unit, naik 100 persen. Jadi hasil penjualan naik 100 persen dari November ke Desember," kata Makmur di Jakarta, Rabu (1/1/23).

Pernyataan Makmur boleh disebut sebagai bantahan bahwa Stargazer tidak laku di pasaran, karena masa bulan madu Stargazer dianggap sudah habis. Faktanya, setelah Agustus 2022 penjualan low MPV Hyundai itu saat ini itu terus menukik di pasar.

Makmur juga membantah tudingan bahwa Stargazer tidak laku sampai pihak dealer memberikan berbagai macam promo untuk menarik konsumen, mulai cashback hingga diskon puluhan juta.

Baca juga: LG Mulai Produksi Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia Tahun Depan

Test Drive Hyundai Stargazer Malang, BatuKOMPAS.com/STANLY RAVEL Test Drive Hyundai Stargazer Malang, Batu

"Diskon dari dealer, program sebagai reward karena kami mendapatkan car of the year, jadi kami memberikan apresiasi, kami memberikan program ke konsumen voucher BBM, sebesar Rp 15 juta," kata Makmur.

Direktur Penjualan Hyundai Motors Indonesia (HMID) Erwin Djajadiputra mengatakan, pihaknya hanya menawarkan program-program yang memudahkan konsumen salah satunya paket kredit murah.

"Pembeli Stargazer rata-rata kredit, paket kredit kita menarik dengan angsuran hanya Rp 6,5 juta sudah bisa dapat Stargazer. Paket kredit untuk memudahkan MPV untuk memakai Stargazer," kata Erwin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com