Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurang dari Dua Bulan Lagi, Bagaimana Persiapan WSBK Mandalika?

Kompas.com - 13/01/2023, 08:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika akan berlangsung pada 3-5 Maret 2023. Pergelaran ini berbeda daripada dua musim sebelumnya, di mana WSBK Mandalika berlangsung pada akhir tahun.

Jadwal dari yang tadinya berlangsung pada November pindah ke Maret tidak menjadi kendala bagi Mandalika Grand Prix Association (MGPA). Berbagai upaya telah dilakukan demi kelancaran balap Maret nanti.

"Jadwal Maret ini buat kami tidak masalah karena kami sekarang hampir setiap minggu melakukan track day," ucap Priandhi Satria, Direktur Utama MGPA, Kamis (12/1/2023) di Jakarta.

Baca juga: Ajang WSBK di Mandalika Bukan Sekadar Balapan

Pebalap Pata Yamaha With Brixx WorldSBK, Toprak Razgatlioglu, memacu kecepatan pada Superpole World Superbike 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/11/2022). Pebalap Turki tersebut start terdepan pada Race 1 WSBK Mandalika 2022. Terkini, Toprak berhasil menang pada balapan pertama WSBK Mandalika 2022. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/hp.ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari Pebalap Pata Yamaha With Brixx WorldSBK, Toprak Razgatlioglu, memacu kecepatan pada Superpole World Superbike 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/11/2022). Pebalap Turki tersebut start terdepan pada Race 1 WSBK Mandalika 2022. Terkini, Toprak berhasil menang pada balapan pertama WSBK Mandalika 2022. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/hp.

Andhi menjelaskan, pada sesi track day, semua perangkat fasilitas yang ada di sirkuit digunakan, misalnya timing system, perlampuan, dan race control turut dipakai.

"Jadi buat kami, WSBK 2023 ini hanya sebuah tambahan event, kebetulan namanya WSBK. Marshal kita sudah punya database lengkap, perlengkapan sejak WSBK (2022) selesai, kita sudah inventori ulang," ucap Andhi.

Baca juga: Berlaku Tahun Ini, Begini Skema Transaksi Bayar Tol Nirsentuh


Berbagai komponen yang dirasa rusak akan diperbaiki atau diganti. Dengan begitu, MGPA menyatakan dirinya siap melangsungkan balapan WSBK pada Maret 2023.

"Perbaikan sirkuit minimal sekali, sirkuit ini sama sekali tidak kita sentuh, dari sisi aspal, curb, dan lain-lain. Jadi secara teknis ini hanya seperti track day harian bagi kami, anytime lombanya ada, kita sudah siap," kata Andhi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com