Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai Lagi Soal Pengguna Moge Minta Akses Masuk Jalan Tol

Kompas.com - 12/01/2023, 13:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ramai kembali diperbincangkan sebuah unggahan mengenai klub motor gede (moge) yang meminta akses masuk jalan tol.

Video tersebut sebetulnya diunggah oleh akun Youtube Icha Big Bike pada Agustus 2022, namun kembali viral dan menjadi perbincangan warganet usai ditayangkan oleh beberapa akun lainnya di media sosial.

Dalam tayangan tersebut, Presiden Motor Besar Club Indonesia (MBCI) Irianto Ibrahim menyebut, pihaknya sudah sering memperjuangkan pengendara moge untuk dapat melintas di jalan tol.

Baca juga: Selain ERP, Sistem Pembayaran Tol Nirsentuh Akan Diterapkan Tahun Ini

Seperti diketahui beberapa negara khususnya di Asia Tenggara, sudah mengizinkan sepeda motor dengan kubikasi besar (moge) melalui jalan tol. Namun di Indonesia sendiri hal tersebut belum diberlakukan.

Pembahasan inipun langsung ramai di media sosial Twitter. Dimana beragam komentar muncul terkait usulan moge minta akses masuk jalan tol ini.

Biker moge di ruas jalan tol Malaysia. Donny Apriliananda Biker moge di ruas jalan tol Malaysia.

“Ada aturan, jalan Tol hanya untuk mobil dengan roda 4 buah atau lebih, jangankan MOGE Motor Patwal saja saya tidak setuju kalo masuk Tol, jalan Tol hanya untuk mobil, kalau Motor masuk Jalan Tol SANGAT MELANGGAR ATURAN,” tulis akun Twitter bernama @JudokoS.

“Kami Tidak Setuju Moge Masuk Jalan Tol, dgn alasan ; Apapun bentuknya Motor itu Roda Dua yg dpt Menganggu Kendaraan Roda 4 yg sdg melaju kencang di Jalan Tol
Mau Motor Gede atau Motor Kecil Walaupun Mahal Harganya, Motor ya Tetap Motor yg digunakan Orang yg tidak mampu beli Mobil,” tulis komentar @Iwaet_89.

“Saya sih dukung moge masuk tol lah karena biar gk ganggu di jalan raya biasa dan bisa menambah pajak negara. Asal kalau moge lewat tol jgn di kawal-kawal lagi ya,” komentar akun @PenikmatHibura2.

Berkaca dari beberapa negara lian, sepeda motor memang diperbolehkan untuk melintasi jalan tol. Namun, di Indonesia tetap melarang sepeda motor melintasi jalan tol.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengungkapkan sejumlah risiko jika motor atau kendaraan roda dua diperbolehkan masuk ke jalan tol.

Salah satu motor gede (moge) yang ikut meramaikan Distinguished Gentlemans Ride (DGR), Minggu (30/9/2018).KOMPAS.com/ANDIKA ADITIA Salah satu motor gede (moge) yang ikut meramaikan Distinguished Gentlemans Ride (DGR), Minggu (30/9/2018).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.