Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Sasis Bus Favorit Karoseri di Indonesia

Kompas.com - 10/01/2023, 08:42 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Sasis bus merupakan aspek paling penting dalam kinerja bus atau truk. Bahkan berbagai pabrikan dari sasis bus terus meluncurkan produk terbaik untuk menguasai pasar.

Di Indonesia sendiri ada berbagai perusahaan karoseri bus yang menjadi pihak penting dalam merakit kendaraan besar ini.

Mulai dari PO bus AKAP hingga PO bus Pariwisata akan mencari karoseri terbaik untuk membuat bus sesuai keinginan.

Baca juga: Ini Jalan di Indonesia yang Paling Sulit Dilewati Menurut Sopir Bus

Managing Director Karoseri Delimajaya Group Winston Wiyanta mengatakan, tren sasis bus setiap tahunnya akan mengikuti pasar, serta terbagi berdasarkan jenis bus. Karoseri Karoseri Delimajaya Group saat ini berbasis di Bogor, Jawa Barat.

“Untuk medium bus, sasis bus yang paling favorit Mitsubishi FE 84 BC dan isuzu NQR71," kata Winston kepada Kompas.com, Senin (9/1/2023).

Kemudian, lanjut Winston, pilihan untuk konstruksi kelas besar, misalnya bus single atau double glass, ada Mercedes OH 1626 atau 1526 dan Hino R260 atau R280.

"Keduanya menjadi sasis yang paling banyak dipilih oleh para pengusaha PO,” kata Winston, melanjutkan.

Sasis bus setir kiri di Karoseri LaksanaDOK. LAKSANABUS Sasis bus setir kiri di Karoseri Laksana

Karoseri lainnya yang berbasis di Malang, Jawa Timur yaitu Tentrem mengatakan, sasis bus yang banyak digunakan saat ini mengikuti kebutuhan bus jarak pendek.

“Kalau Tentrem, kita fokus untuk jarak pendek. Jadi mesin depan paling ideal. Kita selama ini pakai Hino AK 215. Kemarin kita coba mercedes OF 1623. Semuanya mesin depan,” kata Yohan Wahyudi, Direktur Karoseri Tentrem kepada Kompas.com, Senin (9/1/2022).

Baca juga: Melanggar Ganjil Genap Jakarta Bisa Kena Sanksi Tilang Rp 500.000

Sementara itu, menurut karoseri dari Semarang, Jawa Tengah, yaitu Laksana, mengaku lebih sering menggunakan sasis bus yang ramah terhadap lingkungan, sesuai standar kebijakan yang berlaku di Indonesia, yakni mesin Euro4.

Menurut Werry Yulianto, Export Manager karoseri Laksana, kepada Kompas.com, saat ini sasis bus standar Euro4 yang tersedia di pasar, hanya tersedia dari merek Jepang, seperti Hino, Isuzu , Mitsubishi Fuso.

"Maka yang paling banyak dipakai untuk bus besar saat ini adalah Hino. Untuk sasis bus Eropa masih dalam tahap perakitan untuk pasar Indonesia, dan infonya mereka akan langsung keluar dengan emisi Euro5,” kata Werry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.