Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rian Mahendra Dipecat, Tinggalkan 300 Unit Bus PO Haryanto

Kompas.com - 08/01/2023, 10:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama Rian Mahendra terus menjadi perbincangan usai dirinya dikabarkan dipecat dari perusahaan otobus (PO) Haryanto yang dirintis oleh keluarganya.

PO Haryanto sendiri merupakan sebuah perusahaan jasa angkutan penumpang darat dan pariwisata yang berbasis di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Rian sendiri merupakan anak pertama dari pemilik PO Haryanto yaitu Kopral Kepala H. Haryanto atau akrab dipanggil Pak Haji Haryanto, seorang Purnawirawan TNI Angkatan Darat
Bisnis PO Haryanto dirintis oleh Pak Haji Haryanto sejak 2022.

Sementara itu, Rian baru bergabung mengembangkan perusahaan pada 2003. Di PO Haryanto, Rian menjabat sebagai Direktur Operasional.

Baca juga: Harga Motor Trail dan Adventure Januari 2023 Naik

Tugas dari Direktur Operasional yang dikerjakan oleh Rian yaitu berkaitan penting dalam ekosistem pelayanan dari bus.

Mulai dari tiket, memastikan ketersediaan armada hingga menentukan dan memastikan jalur yang akan digunakan untuk pelayanan bus.

“Selama 19 tahun saya di PO Haryanto belum pernah ada jalur yang saya buka gagal atau tidak laku. Namun saat ini cukup di sini,” kata Rian melalui kanal YouTube pribadinya PO Haryanto Official.

Rian mengatakan jika dirinya masih ingat jika dulu saat masa awal merintis bisnis ini dirinya masih menggunakan peralatan seadanya.

Bahkan rute pelayanan bus PO Haryanto saat itu masih sedikit lantaran hanya masih punya 5 armada bus.

“Tugas pertama kerajaan dulu alat komunikasinya masih pake HT sekarang sudah canggih bisa pakai HP,” kata Rian.

Rian Mahendara pamit dari PO HaryantoIg @rianmahendra83 Rian Mahendara pamit dari PO Haryanto

Seiring berjalannya waktu, sebagai Direktur operasional, Rian menyebutkan telah membuka jalur sekitar 130 jalur layanan bus PO Haryanto. Sementara itu, kini jumlah armada regular dan pariwisata yang dimiliki kurang lebih ada 300 unit.

"Saya selama 19 tahun dari bus 5 sampai 300 unit, dari jalur hanya 2 sampai sekarang 160-an jalur. Jadi saya tidak meninggalkan noda hitam, ini catatan prestasi saya," kata Rian pada live Instagram pribadinya yang diunggah ulang oleh kanal youtube @Wijiutomo.

Bagi yang sudah pernah naik armada dari PO Haryanto akan selalu ingat dengan beberapa ciri khas pelayanan bus ini.

Baca juga: Harga Motor Trail dan Adventure Januari 2023 Naik

Secara visual, bus AKAP PO Haryanto punya ciri khas berupa ornamen wayang pada setiap bodi samping bus dan lafadz shalawat pada kaca belakang.

Selain itu, ketika perjalanan PO Haryanto juga memiliki ciri khas untuk berhenti di rest area untuk melaksanakan ibadah sholat untuk yang beragama Muslim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com