Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik VMX 08, Bisa Tempuh 270 Km Bobot Hanya 50 Kg

Kompas.com - 08/01/2023, 07:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Penetrasi kendaraan listrik di China terbilang begitu masif. Sampai-sampai sebuah motor enduro atau offoad di sana telah mengusung baterai listrik.

Dilansir dari Ride Apart (8/1/2023), Velimotor VMX 08 menjadi kendaraan roda dua dengan segmentasi di antara sepeda gunung dan motor enduro.

Berbeda dari motor listrik kebanyakan, Velimotor VMX 08 dirancang agar bobotnya bisa seringan mungkin. Tercatat, motor listrik memiliki bobot kurang dari 50 Kg atau lebih tepatnya 47,5 Kg.

Baca juga: Sedan Lawas Honda Accord Maestro, Tampil Elegan dan Minimalis

Motor listrik Velimotor VMX 08 RIDEAPART.com Motor listrik Velimotor VMX 08

Menurut Velimotor, VMX 08 memiliki bobot kurang dari 50 Kg. Hal ini berkat komponen laminasi serat karbon yang meliputi rangka, lengan ayun belakang, panel bodi, dan setang.

Perihal dapur pacunya, VMX 08 mengusung motor listrik dengan tenaga maksimal 6.000 watt atau setara 8 Tk, dan memiliki kecepatan tertinggi yang dilaporkan hingga 62 mil per jam atau setara 100 km per jam.

Kemudian, terdapat motor sinkron berpendingin udara 72 volt dengan magnet permanen yang diposisikan di bawah lengan ayun karbon.

Baca juga: Polisi Bakal Terapkan Sistem Tilang Poin, Begini Skema Aturannya

Kondisi ini membuat motor memiliki pusat gravitasi yang rendah dan distribusi bobot yang optimal.

Sementara itu, baterai VMX 08 mengusung lithium-ion dalam paket baterai memiliki kapasitas 45 Ah, yang memungkinkan jangkauan hingga 168 mil atau setara 270 Km.

Menurut Velimotor, angka kisaran ini bisa didapat jika Anda berkendara dengan lembut dan tidak melebihi kecepatan 28 mil per jam.

Baca juga: Catat, Mobil di Luar Pelat B Tetap Bisa Kena Tilang ETLE Mobile

Motor listrik Velimotor VMX 08 RIDEAPART.com Motor listrik Velimotor VMX 08

Beranjak ke bagian fitur, motor ini dilengkapi dengan kokpit LCD kecil, lampu LED di sekelilingnya, dan braket untuk lampu belakang, serta pelat nomor yang dipasang di lengan ayun.

Dalam hal suspensi, bagian depan empuk dan diredam oleh garpu teleskopik terbalik, sedangkan bagian belakang ditangani oleh monoshock yang dipasang di tengah.

Bicara soal harga, Velimotor VMX 08 dibanderol 3.080 dolar AS atau setara Rp 204 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com