Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dovi Buka-bukaan Alasan Cabut dari Ducati, Ribut dengan Orang Dalam

Kompas.com - 08/01/2023, 09:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash.net

JAKARTA, KOMPAS.com - Andrea Dovizioso mengakui masa kejayaannya di Ducati berakhir dengan buruk sampai akhirnya dia keluar dan begabung dengan Yamaha. Sayang kariernya mati di pabrikan asal Jepang tersebut.

Sebelum era Francesco Bagnaia, Dovi merupakan senjata utama tim pabrikan Ducati. Dovi bahkan punya julukan yang sangat identik dengan Ducati yaitu Desmodovi yang diambil dari motor Desmosedici.

Baca juga: Ulik Lagi Fitur Xenia Varian Mahal dengan Teknologi ASA

Dovi yang pensiun usai MotoGP San Marino pada 2022 menikmati tahun-tahun terbaiknya bersama Ducati. Pebalap asal Italia tersebut berhasil menjadi runner-up tiga musim berturut-turut antara 2017-2019.

Andrea Dovizioso saat balapan motocrossDok. @andreadovizioso Andrea Dovizioso saat balapan motocross

Kini usai pensiun dari MotoGP Dovi mulai terbuka alasan dia keluar dari Ducati. Setelah delapan musim di Ducati dia bermasalah dengan beberapa orang di dalam tim salah satunya Gigi Dall'Igna.

“Ketika cerita seperti saya dan Ducati berakhir seperti ini, itu selalu memalukan. Karena saya adalah orang yang berusaha menjalin hubungan baik dengan semua orang," kata Dovi mengutip Crash.net, Minggu (8/1/2023).

“Tapi dalam kasus ini, sayangnya, berakhir buruk," kata dia.

Pebalap tim WithU Yamaha RNF MotoGP asal Italia, Andrea Dovizioso berkompetisi selama sesi latihan bebas untuk balapan MotoGP Grand Prix Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).AFP/BAY ISMOYO Pebalap tim WithU Yamaha RNF MotoGP asal Italia, Andrea Dovizioso berkompetisi selama sesi latihan bebas untuk balapan MotoGP Grand Prix Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).

Dovi menekankan dia tidak bermasalah dengan Ducati hanya beberapa orang di dalamnya.

“Tapi saya ingin mengklarifikasi bahwa saya tidak memiliki hubungan buruk dengan Ducati sebagai sebuah perusahaan, saya memiliki hubungan buruk dengan beberapa orang di Ducati. Ini berbeda," kata dia.

Setelah dari Ducati Dovi sempat menganggur setahun dan ikut kejuaraan motocross dia juga sempat jadi test rider buat Aprilia. Sampai akhirnya menerima tawaran tim satelit Yamaha.

Baca juga: Ingat Honda Motocompo? Kini Ada Versi Listriknya

Pebalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso, merayakan kemenangannya pada MotoGP Qatar 2019 di Sirkuit Losail, 10 Maret 2019. AFP/KARIM JAAFAR Pebalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso, merayakan kemenangannya pada MotoGP Qatar 2019 di Sirkuit Losail, 10 Maret 2019.

Sayang kariernya tamat di Yamaha. Motor yang kurang kompetitif dan lamanya adaptasi membuat performa Dovi merosot tajam. Dia akhirnya sadar masanya sudah berakhir dan memutuskan untuk gantung helm dari MotoGP.

"Saya pasti memiliki penyesalan dalam karir saya, mereka yang mengklaim sebaliknya, yaitu tidak memiliki penyesalan, adalah pembohong," kata Dovi.

“Selalu ada hal-hal yang bisa dilakukan dengan lebih baik. Tapi secara keseluruhan saya puas dengan karir dan hidup saya," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crash.net
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com