Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Spesifikasi Mobil Niaga Ringan Formo Max, Carry, dan Gran Max

Kompas.com - 06/01/2023, 14:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengawali 2023, tanpa seremoni khusus Wuling Motors resmi mengenalkan Formo Max yang bermain di segmen mobil niaga ringan berbentuk pikap di pasar Indonesia.

Kehadiran mobil yang mengusung tagline Enteng Bikin Untung ini bakal bersaing dengan beberapa kompetitor di segmennya, yakni Daihatsu Gran Max, DFSK Super Cab, dan Suzuki Carry.

Dari segi keunggulan, Wuling Formo Max menawarkan mesin 1.500 cc transmisi manual yang diklaim mampu menghasilkan tenaga 98 Ps atau 96,6 tk pada 5.800 rpm dan torsi 140 Nm di 3.400-4.400 rpm.

Baca juga: Pikap Terbaru Wuling Formo Max Sudah Bisa Dipesan, Harga Rp 160 Jutaan

Untuk aspek dimensi kargonya, yakni panjang 2.695 mm dan lebar 1.725 mm, serta bukaan bak tiga sisi. Hal ini diklaim mempermudah akses keluar masuk barang.

Formo Max Mobil Pikup Baru dari WulingWuling Formo Max Mobil Pikup Baru dari Wuling

Selain itu, Formo Max juga dilengkapi anti-lock braking system (ABS) dan electronic brakeforce distribution (EBD).

Untuk aspek kenyamanan dan keselamatan operasional usaha penggunanya, pikap ini juga mengaplikasi sabuk pengaman, electric power steering (EPS), air conditioner (AC) pengaturan kursi, power window, hingga head unit.

Lantas bagaimana bila disandingkan dengan Daihatsu Gran Max pikap dan Suzuki Carry?

Dari sisi ukuran kargo, Formo Max punya dimensi bak yang lebih besar dibanding Gran Max yang hanya berdimensi panjang 2.350 mm, lebar 1.585 mm, serta tinggi dengan dua pilihan, yaitu 300 mm untuk tipe standar dan 360 mm untuk versi bukaan tiga pintu.

Baca juga: Pilihan SUV Baru di Bawah Rp 250 Juta Bulan Ini

Daihatsu Gran Max dapat penyegaran dengan mesin 1.5 L terbaruKompas.com/Donny Daihatsu Gran Max dapat penyegaran dengan mesin 1.5 L terbaru

Untuk fitur lain, Gran Max juga memiliki tipe yang sudah dibekali sistem power steering serta AC, tapi untuk pengereman masih tanpa ABS.

Urusan dapur pacu, mesin 1.500 cc Gran Max mampu menghasilkan tenaga 97 Ps atau 95,6 tk pada 6.000 rpm dan torsi 134 Nm pada 4.400 rpm. Hasil berdasarkan data di atas kertas tentu lebih unggul Formo Max.

Sementara dengan Suzuki Carry, dari segi dimensi bak ternyata Wuling Formo Max juga masih unggul.

Berdasarkan spesifikasi, Carry memiliki panjang bak 2.505 mm, lebar 1.665 mm untuk flat deck dan 1.745 mm untuk wide deck, serta tinggi 360 mm untuk flat deck dan 425 mm untuk wide deck.

Baca juga: Pahami Cara Kerja Engine Auto Start-Stop Ertiga Hybrid

Suzuki Carry PikapSIS Suzuki Carry Pikap

Untuk mesin, Carry hampir serupa dengan Gran Max, yakni memiliki tenaga 97 Ps atau 95,6 tk pada 5.600 rpm dan torsi 135 Nm di 4.400 rpm. Dari sini sudah terlihat bila tenaga dan torsinya masih unggul Formo Max.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.