Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minat Beli Replika Porsche 64 Berlin Rome, Siapkan Dana Rp 2 Miliar

Kompas.com - 05/01/2023, 17:31 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Porsche 64 Berlin Rome merupakan salah satu mobil langka. Mobil yang dirancang oleh Ferdinand Porsche ini diketahui hanya ada tiga unit saja di dunia.

Dua unit diketahui rusak saat perang dunia kedua, satu unit tersisa dimiliki oleh Thomas Gruber, kolektor Porsche asal Vienna, Austria.

Namun bagi Anda yang ingin memiliki Porsche 64 Berlin Rome, bengkel spesialis Volkswagen dan Porsche, Yumos Garage, dapat mewujudkan hal tersebut dengan membuat replika mobil yang diproduksi tahun 1939 itu.

Baca juga: Replika Mobil Langka Porsche 64 Berlin Rome Garapan Yumos Garage

Wahyu Pamungkas, pemilik Yumos Garage mengatakan, sampai dengan saat ini bengkelnya sudah membuat empat replika Porsche 64 Berlin Rome.

Replika Porsche 64 Berlin Rome Yumos Garage Replika Porsche 64 Berlin Rome

“Kita sudah bikin empat, unit pertama dan kedua sudah dikirim ke Jerman. Unit ketiga milik Ahmad Sahroni (anggota DPR RI). Punya Sahroni jadi yang pertama Porsche 64 menggunakan setir kanan,” ucap Wahyu saat dihubungi Kompas.com, Kamis (5/1/2023).

Wahyu melanjutkan, untuk saat ini bengkelnya sedang memproduksi Porsche 64 Berlin Rome yang keempat untuk salah satu klien di Jakarta.

“Kita juga lagi produksi yang keempat, 20 persen lagi hampir selesai. Nah, untuk lokal kita pakai setir kanan juga,” kata dia.

Replika Porsche 64 Berlin RomeYumos Garage Replika Porsche 64 Berlin Rome

Adapun bagi konsumen yang ingin memiliki replika Porsche 64 Berlin Rome, harus menyiapkan dana Rp 2 miliar.

“Kita buka harga sekarang Rp 2 miliar. Proses pembuatannya 2 tahun, dari 0 sampai jadi,” ucap Wahyu.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil Mesin Diesel Lebih Bertenaga?

Meski hanya replika, Wahyu membuat mobil ini persis dengan aslinya bermodalkan blueprint Porsche 64. Mobil ini menggunakan sasis VW Kodok tahun 1960, mengingat basic mobil Porsche ini memang dari VW Kodok tahun 1939.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com