Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/01/2023, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini viral di media sosial, video yang memperlihatkan puluhan kendaraan mogok usai mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite di Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat.

Salah satu akun Instagram yang mengunggah kejadian tersebut bernama @karawang_kekinian.

Diketahui peristiwa itu terjadi di SPBU 34.413.06 tepatnya di Desa Aman Sari, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang.

Baca juga: Cara Aman Motor Saat Lewat di Perlintasan Kereta

Teguh Aprianto, Kepala Operasional SPBU 34.413.06 menjelaskan, peristiwa tersebut disebabkan oleh faktor alam, bukan disengaja.

Ia menjelaskan, hujan yang mengguyur wilayah Amansari, Rengasdengklok selama beberapa hari membuat air hujan merembes ke tangki penyimpanan BBM Pertalite di dalam tanah.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KARAWANG (@karawang_kekinian)

Pihaknya juga sudah memberikan ganti rugi kepada puluhan pemilik kendaraan yang mogok akibat mengisi BBM tercampur air di tempat itu.

“Kami sudah memberikan ganti rugi ke pemilik kendaraan sebanyak 26 motor dan 4 unit mobil untuk diperbaiki. Motor sebesar Rp 500.000 dan mobil Rp 750.000 sampai Rp 1 juta,” ucap Teguh, dikutip dari Regional Kompas.com, Rabu (4/2/2023).

Terkait kejadian ini, Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan, jika mobil mogok akibat mengisi BBM yang bercampur air, maka pemilik kendaraan harus segera menguras tangki.

“Tidak ada cara lain, harus di kuras tangkinya. Sebab, kalau didiamkan bisa merusak pompa bensin,” ucap Didi, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (4/1/2023).

Adapun untuk biaya kuras tangki bensin harganya bervariasi. Ruki, Kepala Bengkel Subur Jaya Motor Kembangan Jakarta Barat mengatakan, biaya untuk kuras tangki mobil dimulai dari Rp 400.000 hingga Rp 750.000.

Baca juga: Jadi Sultan di Kursi Belakang The President BMW X7

“Untuk mobil Jepang biayanya Rp 400.000, sedangkan untuk mobil Eropa seperti BMW atau Mercedes-Benz biayanya Rp 750.000,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.