Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Akan Hadirkan YZF-R9, Pakai Basis MT-09

Kompas.com - 04/01/2023, 18:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha dirumorkan sedang menyiapkan versi super sport dari MT-09, yakni YZF-R9. Rencananya, motor bergaya sporty ini akan diperkenalkan pada 2023 dan dijual 2024.

Dikutip dari Autoby, hadirnya YZF-R9 polanya sama dengan YZF-R7 yang memakai basis MT-07. Jadi untuk YZF-R9 akan menggunakan mesin yang sama dengan MT-09, yakni 888 cc tiga silinder segaris.

Jika ini benar jadi kenyataan, maka YZF-R9 akan menjadi motor super sport yang paling besar dan bisa dinikmati di jalanan. Sedangkan untuk flagship yakni YZF-R1 masih belum tampak akan ada generasi yang baru.

Baca juga: Tahun Baru 2023, Harga Yamaha R15 Naik, Honda CBR150R Stabil

Render Yamaha YZF-R9 yang berbasis MT-09AUTOBY.jp Render Yamaha YZF-R9 yang berbasis MT-09

Hadirnya YZF-R9 ini mengikuti strategi yamaha untuk menciptakan lini produk dari satu basis. Misal di 2014, Yamaha memperkenalkan MT-07, lalu hadir XSR700 yang merupakan model neo classic di 2015, kemudian di 2020 hadir Tenere 700 (adventure) dan 2022 ada YZF-R7 (Super Sport).

Jadi Yamaha punya strategi tersebut yang mengisi berbagai jenis motor dari basis yang sama. Pertama ada Naked Sport (MT), lalu Neo Classic (XSR), dan Super Sport (YZF-R).

Baca juga: Harga Stargazer dan Xpander Kompak Naik Awal 2023


Oleh karena itu, muncul rumor kehadiran YZF-R9 yang memiliki basis MT-09. Secara desain, mungkin akan sama dengan produk Super Sport Yamaha yang sudah ada, cuma untuk kali ini memakai mesin tiga silinder yang bertenaga 120 PS atau 117 TK.

Hadirnya YZF-R9 bisa menggantikan R6 secara performa. Mengingat motor super sport 600 cc empat silinder tersebut yang sudah discontinue.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.