Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peran Krusial Keluarga Mencegah Kecelakaan di Jalan Raya

Kompas.com - 03/01/2023, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda Motor, pelajar, dan usia muda masuk dalam golongan paling banyak terlibat dalam kecelakaan di jalan. Penyebabnya, mayoritas belum paham arti dari berkendara dengan aman di jalan raya.

Bisa dilihat, pengendara motor tanpa helm, belum lagi yang usianya masih belasan tahun kerap ditemui di jalan. Biasanya, para pengguna jalan ini memamerkan aksinya atau sambil atraksi.

Sebenarnya, keluarga bisa punya peran krusial dalam mencegah kecelakaan di jalan raya. Tapi pemahaman soal bahaya berkendara juga harus dimiliki, tidak sekadar memberi izin untuk mengendarai motor.

Baca juga: Fenomena Pengendara Motor Ugal-ugalan di Jalan

Seorang perempuan pengendara motor ditegur oleh polisi karena berkendara tak menggunakan helm saat melintas di Jalan Buncit Raya, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (22/11/22) pagi.tangkapan layar video Instagram @tmcpoldametro Seorang perempuan pengendara motor ditegur oleh polisi karena berkendara tak menggunakan helm saat melintas di Jalan Buncit Raya, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (22/11/22) pagi.

"Masih banyak juga keluarga di Indonesia yang justru kurang peduli terhadap keselamatan anak-anaknya," ucap Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana kepada Kompas.com, Senin (2/1/2023).

Misal, pengendara yang tidak memakai helm saat keluar dari rumah, orang tuanya tidak mengingatkan. Tapi ini juga bisa datang karena orang tua yang memberi contoh, jadi diikuti oleh anaknya.

Sedangkan kalau ada keluarga yang paham soal keselamatan berkendara, anaknya sudah diajarkan sejak dini. Anak jadi mengikuti contoh baik, seperti berkendara aman, mengenakan helm, dan sebagainya.

Baca juga: Harga BBM per Januari 2023, BP Ultimate dan Revvo 95 Jadi Lebih Murah

"Ketika anak sudah dewasa, dia akan mengikuti apa yang biasa dilakukan oleh orang tuanya," kata Agus.

Faktor orang tua dalam memberikan pendidikan soal keselamatan berkendara bisa menyelamatkan anaknya dari celaka. Jadi kalau memang sayang dengan anak, bisa dengan mengajarkan cara berkendara yang baik dan selamat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.