Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peran Krusial Keluarga Mencegah Kecelakaan di Jalan Raya

Kompas.com - 03/01/2023, 11:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda Motor, pelajar, dan usia muda masuk dalam golongan paling banyak terlibat dalam kecelakaan di jalan. Penyebabnya, mayoritas belum paham arti dari berkendara dengan aman di jalan raya.

Bisa dilihat, pengendara motor tanpa helm, belum lagi yang usianya masih belasan tahun kerap ditemui di jalan. Biasanya, para pengguna jalan ini memamerkan aksinya atau sambil atraksi.

Sebenarnya, keluarga bisa punya peran krusial dalam mencegah kecelakaan di jalan raya. Tapi pemahaman soal bahaya berkendara juga harus dimiliki, tidak sekadar memberi izin untuk mengendarai motor.

Baca juga: Fenomena Pengendara Motor Ugal-ugalan di Jalan

Seorang perempuan pengendara motor ditegur oleh polisi karena berkendara tak menggunakan helm saat melintas di Jalan Buncit Raya, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (22/11/22) pagi.tangkapan layar video Instagram @tmcpoldametro Seorang perempuan pengendara motor ditegur oleh polisi karena berkendara tak menggunakan helm saat melintas di Jalan Buncit Raya, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (22/11/22) pagi.

"Masih banyak juga keluarga di Indonesia yang justru kurang peduli terhadap keselamatan anak-anaknya," ucap Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana kepada Kompas.com, Senin (2/1/2023).

Misal, pengendara yang tidak memakai helm saat keluar dari rumah, orang tuanya tidak mengingatkan. Tapi ini juga bisa datang karena orang tua yang memberi contoh, jadi diikuti oleh anaknya.

Sedangkan kalau ada keluarga yang paham soal keselamatan berkendara, anaknya sudah diajarkan sejak dini. Anak jadi mengikuti contoh baik, seperti berkendara aman, mengenakan helm, dan sebagainya.

Baca juga: Harga BBM per Januari 2023, BP Ultimate dan Revvo 95 Jadi Lebih Murah

"Ketika anak sudah dewasa, dia akan mengikuti apa yang biasa dilakukan oleh orang tuanya," kata Agus.

Faktor orang tua dalam memberikan pendidikan soal keselamatan berkendara bisa menyelamatkan anaknya dari celaka. Jadi kalau memang sayang dengan anak, bisa dengan mengajarkan cara berkendara yang baik dan selamat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com