Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Mekanik Saat Servis AC Mercedes-Benz GLS, Biayanya Rp 35 Juta

Kompas.com - 02/01/2023, 13:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat mobil mewah khususnya merek Eropa kadang membuat pemiliknya harus merogoh kocek lebih dalam. Selain ketersediaan suku cadang, biaya yang harus dikeluarkan untuk merawatnya pun tidak main-main.

Misal seperti pada video Tiktok yang diunggah oleh akun @mekanikkw, mobil dengan merek Mercedes Benz tipe GLS alami masalah pada AC. Ketika dilakukan servis, harus ada komponen yang diganti, yakni kompresor.

"Kelihatannya kompresor sudah minta ganti baru, dan lihat-lihat estimasi di internet, barang genuine asli Mercedes itu harganya sekitar Rp 35 jutaan, itu belum termasuk evaporator, ekspansi, dan kondensor," ucapnya dalam video Tiktok yang dikutip Kompas.com, Sabtu (31/12/2022).

Baca juga: Suzuki Jimny Disulap Jadi Mercedes-Benz G-Class

@mekanikkw kalau ada yg oengen tau unit mercy gls 400 sekali replacement unit pendingi cabin atau AC itu berapa, ini dia jawabannya!! #bengkel #viral #showroom #fyp #mekanikkw #fyp? #trending ? suara asli - Mekanik KW

 

Menurutnya, ketika memperbaiki AC tidak bisa cuma ganti kondensor saja, komponen lain harus diganti. Hal ini berkaitan dengan usia pakai, jika satu rusak, maka yang lain juga punya umur yang kurang lebih sama, atau tinggal tunggu rusak juga.

"Kalau sudah kena satu memang semua harus ganti, masa pemakaian dari part-part tersebut pasti enggak jauh beda dengan kondensornya. Mau enggak mau pergantian memang harus semuanya," ucap dia.

Menanggapi video tersebut, Hari Arifianto, Deputy Director Sales Operation & Product Management Mercedes-Benz Distribution Indonesia mengatakan, kisaran harga ganti kompresor plus drier di diler resmi bisa sekitar Rp 42 jutaan.

Baca juga: Bengkel Ini Sedia Motor Custom Bobber, Harga Cuma Rp 19 Jutaan

Foto Mercedes-Benz GLS 400 yang akan dilelang pemerintahIstimewa Foto Mercedes-Benz GLS 400 yang akan dilelang pemerintah

"Itu belum termasuk evaporator, expansion valve dan condensor. Ada baiknya dibawa ke bengkel resmi untuk mendapatkan estimasi lebih detail," ucap Hari kepada Kompas.com, Senin (2/1/2023).

Mengenai bengkel tersebut, Hari menyarankan untuk melakukan pekerjaan pada kendaraan di diler resmi. Hal ini berkaitan dengan jaminan keaslian parts, garansi pekerjaan, dan tenaga terlatih.

"Ada garansi dua tahun, ini faktor yang perlu kita perhatikan sebagai komparasi," ucap Hari.

Mengenai biaya pekerjaan total untuk sistem AC Mercedes Benz GLS, kami mengonfirmasi ke salah satu diler Mercedes Benz PRO Motor. Estimasi servisnya bisa sampai Rp 100 jutaan, lengkap semua komponen diganti.

"Pasti kita rekomendasikan langkah yang terbaik karena kalau sistem AC diganti cuma dua sedangkan harusnya empat item, nanti takutnya ke depan ada kerusakan lagi, jadi dua kali ongkos kerja," ucap Pras Moerdhoko, Aftersales Marketing Mercedes Benz Promotor kepada Kompas.com.

Berdasarkan data yang kami terima, total suku cadang termasuk condensor, compressor, expansion valve, evaporator serta komponen lain total biayanya Rp 80 jutaan, ditambah jasa bongkar Rp 9 juta, dan total semua ditambah PPN jadi Rp 102 jutaan.

"Ini baru estimasi, bisa berubah harganya karena ngecek harus pakai nomor rangka biar pasti. Ongkos kerjanya juga per jam, jadi biar enggak boros (bisa sekalian)," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.