Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cerita Mekanik Saat Servis AC Mercedes-Benz GLS, Biayanya Rp 35 Juta

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat mobil mewah khususnya merek Eropa kadang membuat pemiliknya harus merogoh kocek lebih dalam. Selain ketersediaan suku cadang, biaya yang harus dikeluarkan untuk merawatnya pun tidak main-main.

Misal seperti pada video Tiktok yang diunggah oleh akun @mekanikkw, mobil dengan merek Mercedes Benz tipe GLS alami masalah pada AC. Ketika dilakukan servis, harus ada komponen yang diganti, yakni kompresor.

"Kelihatannya kompresor sudah minta ganti baru, dan lihat-lihat estimasi di internet, barang genuine asli Mercedes itu harganya sekitar Rp 35 jutaan, itu belum termasuk evaporator, ekspansi, dan kondensor," ucapnya dalam video Tiktok yang dikutip Kompas.com, Sabtu (31/12/2022).

Menurutnya, ketika memperbaiki AC tidak bisa cuma ganti kondensor saja, komponen lain harus diganti. Hal ini berkaitan dengan usia pakai, jika satu rusak, maka yang lain juga punya umur yang kurang lebih sama, atau tinggal tunggu rusak juga.

"Kalau sudah kena satu memang semua harus ganti, masa pemakaian dari part-part tersebut pasti enggak jauh beda dengan kondensornya. Mau enggak mau pergantian memang harus semuanya," ucap dia.

Menanggapi video tersebut, Hari Arifianto, Deputy Director Sales Operation & Product Management Mercedes-Benz Distribution Indonesia mengatakan, kisaran harga ganti kompresor plus drier di diler resmi bisa sekitar Rp 42 jutaan.

"Itu belum termasuk evaporator, expansion valve dan condensor. Ada baiknya dibawa ke bengkel resmi untuk mendapatkan estimasi lebih detail," ucap Hari kepada Kompas.com, Senin (2/1/2023).

Mengenai bengkel tersebut, Hari menyarankan untuk melakukan pekerjaan pada kendaraan di diler resmi. Hal ini berkaitan dengan jaminan keaslian parts, garansi pekerjaan, dan tenaga terlatih.

"Ada garansi dua tahun, ini faktor yang perlu kita perhatikan sebagai komparasi," ucap Hari.

Mengenai biaya pekerjaan total untuk sistem AC Mercedes Benz GLS, kami mengonfirmasi ke salah satu diler Mercedes Benz PRO Motor. Estimasi servisnya bisa sampai Rp 100 jutaan, lengkap semua komponen diganti.

"Pasti kita rekomendasikan langkah yang terbaik karena kalau sistem AC diganti cuma dua sedangkan harusnya empat item, nanti takutnya ke depan ada kerusakan lagi, jadi dua kali ongkos kerja," ucap Pras Moerdhoko, Aftersales Marketing Mercedes Benz Promotor kepada Kompas.com.

Berdasarkan data yang kami terima, total suku cadang termasuk condensor, compressor, expansion valve, evaporator serta komponen lain total biayanya Rp 80 jutaan, ditambah jasa bongkar Rp 9 juta, dan total semua ditambah PPN jadi Rp 102 jutaan.

"Ini baru estimasi, bisa berubah harganya karena ngecek harus pakai nomor rangka biar pasti. Ongkos kerjanya juga per jam, jadi biar enggak boros (bisa sekalian)," ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/02/135756115/cerita-mekanik-saat-servis-ac-mercedes-benz-gls-biayanya-rp-35-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke