Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/12/2022, 17:12 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Dalam meningkatkan performa mesin, pemilik mobil bisa melakukan tune-up atau penyetelan mesin berdasarkan dengan standar pabriknya. Sehingga, mesin diharapkan bisa kembali seperti baru.

Namun, bila hasil tune-up tidak membuat cukup membuat Anda puas, maka memodifikasi spesifikasi mesin menjadi salah satu solusinya.

Salah satunya, dengan melakukan port polish atau pengerokan lubang masuk dan keluar di kepala silinder.

Baca juga: Tren Modifikasi Mobil di Indonesia di Tahun 2022

Modifikasi Honda Civic Estilo Alfin Photoworks Modifikasi Honda Civic Estilo

Pemilik Sar Speed Solo Anugerah Rio mengatakan, ada salah satu metode yang biasa dilakukan guna mendongkrak performa mesin dengan modal mesin standar bawaan pabrik.

“Metode tersebut namanya port polish, yaitu pengerokan pada saluran masuk dan keluar pada kepala silinder, jadi lubangnya agak dibesarkan,” ucap Rio kepada Kompas.com, Senin (26/12/2022).

Dia mengatakan selain menambah diameter lubang saluran masuk dan keluar, di dalam port polish juga dimaksudkan untuk menghaluskan permukaannya.

Baca juga: Modifikasi Mesin Mobil yang Cocok untuk Pemula

Modifikasi Jimny Sierra 1984Kompas.com/Nanda Modifikasi Jimny Sierra 1984

“Langkah tersebut sekaligus membuat permukaan saluran masuk dan keluar menjadi lebih rapi dan halus, bahkan untuk hasil yang maksimal memerlukan mesin CNC untuk mengeksekusinya,” ucap Rio.

Dia mengatakan dengan lubang yang lebih besar, diharapkan bisa meningkatkan kompresi mesin karena udara yang masuk semakin banyak.

“Ujung-ujungnya bertujuan untuk meningkatkan kompresi mesin, karena dengan lubang masuk yang lebih besar harapannya udara yang masuk makin banyak, dengan kata lain yang masuk udara pasti” ucap Rio.

Baca juga: Modifikasi Hedon Daihatsu Gran Max, Pakai Air Suspension

Modifikasi Honda Civic EstiloAlfin Photoworks Modifikasi Honda Civic Estilo

Dia mengatakan metode port polish banyak digemari karena membutuhkan biaya yang lebih kecil namun hasilnya bisa dirasakan oleh pemilik mobil.

Jadi, port polish adalah upaya awal dalam memodifikasi mobil dengan cara membesarkan dan menghaluskan lubang saluran masuk dan keluar pada kepala silinder. Bisa dibilang ini adalah modifikasi ringan saja untuk mesin standar bawaan pabrik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.