Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Lewati Ram Kapal Saat Mau Masuk Feri, Pastikan Area di Depan Aman

Kompas.com - 24/12/2022, 15:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil Daihatsu Calya tercebur ke laut saat mau memasuki KMP Shalem di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (23/12/2022) malam.

Dua orang penumpang yang ada di mobil berhasil diselamatkan dan dilarikan ke rumah sakit dengan ambulans. Mobil tercebur saat sedang berada di ramp door feri, masih diselidiki apa penyebabnya.

"Posisi mobil Daihatsu silver di atas ram door mau ke Kapal Ferry Shalem, saat mau naik, tali di kapal melebar sehingga side rem tidak lagi menempel di kapal," kata Shinto Silitonga, Kabid Humas Polda Banten melalui keterangan tertulis, Jumat (23/12/2022).

Baca juga: Tips Sewa Mobil Jelang Libur Nataru 2022

Mobil mengantre memasuki kapal ferry di Pelabuhan Merak, Banten (KOMPAS.com/Nabilla Tashandra)
(KOMPAS.com/Nabilla Tashandra) Mobil mengantre memasuki kapal ferry di Pelabuhan Merak, Banten (KOMPAS.com/Nabilla Tashandra)

Mengenai kejadian tersebut, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan pengemudi saat mau memasukkan mobilnya ke feri. Mulai dari kondisi cuaca atau ombak sampai cek situasi di dalam kapal.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre mengatakan, ramp door feri memang tidak stabil, jadi jangan berhenti di atasnya.

"Berhenti sebelum ram dan bergeraklah setelah ada space di dalam kapal. Jadi mobil tidak perlu berlama-lama melintasi ramp door feri," ucap Marcell kepada Kompas.com, Sabtu (24/12/2022).

Baca juga: Naik Mobil Matik Lewati Tanjakan, Jangan Cuma Andalkan Gigi D


Menurut Marcell, ramp door feri perlu diperlakukan seperti Yellow Box yang ada di persimpangan jalan. Jadi mobil baru bisa melintas saat Yellow Box clear atau bersih dari kendaraan lain.

Berdasarkan pengalaman redaksi Kompas.com, memasuki feri memang butuh kesiapan. Pastikan juga untuk mengikuti arahan para pemandu yang ada di sekitar ram dan feri, buka kaca agar instruksi terdengar jelas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.