Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Lewati Ram Kapal Saat Mau Masuk Feri, Pastikan Area di Depan Aman

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil Daihatsu Calya tercebur ke laut saat mau memasuki KMP Shalem di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (23/12/2022) malam.

Dua orang penumpang yang ada di mobil berhasil diselamatkan dan dilarikan ke rumah sakit dengan ambulans. Mobil tercebur saat sedang berada di ramp door feri, masih diselidiki apa penyebabnya.

"Posisi mobil Daihatsu silver di atas ram door mau ke Kapal Ferry Shalem, saat mau naik, tali di kapal melebar sehingga side rem tidak lagi menempel di kapal," kata Shinto Silitonga, Kabid Humas Polda Banten melalui keterangan tertulis, Jumat (23/12/2022).

Mengenai kejadian tersebut, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan pengemudi saat mau memasukkan mobilnya ke feri. Mulai dari kondisi cuaca atau ombak sampai cek situasi di dalam kapal.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre mengatakan, ramp door feri memang tidak stabil, jadi jangan berhenti di atasnya.

"Berhenti sebelum ram dan bergeraklah setelah ada space di dalam kapal. Jadi mobil tidak perlu berlama-lama melintasi ramp door feri," ucap Marcell kepada Kompas.com, Sabtu (24/12/2022).

Menurut Marcell, ramp door feri perlu diperlakukan seperti Yellow Box yang ada di persimpangan jalan. Jadi mobil baru bisa melintas saat Yellow Box clear atau bersih dari kendaraan lain.

Berdasarkan pengalaman redaksi Kompas.com, memasuki feri memang butuh kesiapan. Pastikan juga untuk mengikuti arahan para pemandu yang ada di sekitar ram dan feri, buka kaca agar instruksi terdengar jelas.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/24/154200415/tips-lewati-ram-kapal-saat-mau-masuk-feri-pastikan-area-di-depan-aman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke