Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Jalan Tol Saat Libur Nataru

Kompas.com - 20/12/2022, 13:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Polri telah menyiapkan rekayasa lalu lintas saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Rekayasa lalu lintas ini dilakukan guna mengurai kepadatan lalu lintas.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, untuk jalur darat Polri mengaku sudah memiliki pola terkait pengaturan lalu lintas saat terjadi kepadatan.

“Khusus untuk jalur darat tentunya pengalaman pada saat pelaksanaan Idul Fitri tentunya ini menjadi pengalaman yang sangat baik dan kami sudah memiliki pola terkait dengan bagaimana kita mengatur pada saat terjadi kepadatan,” ujar Sigit, dikutip dari NTMC Polri, Selasa (20/12/2022).

Baca juga: Antisipasi Kemacetan, Polisi Tambah Rest Area Dekat Pintu Tol

“Artinya, pada saat memang situasi sangat padat khususnya di jalan tol tentu akan tetap dilakukan proses rekayasa mulai dari contraflow sampai dengan one way atau satu arah,” lanjutnya.

Antrean  kendaraan di Tol Jagorawi menuju kawasan wisata Puncak, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/5/2022). Pada H+1 Lebaran kawasan Puncak Bogor mulai dipadati wisatawan, dan Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas secara situasional sistem satu arah dan sistem lawan arah (contraflow) di Tol Jagorawi.ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA Antrean kendaraan di Tol Jagorawi menuju kawasan wisata Puncak, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/5/2022). Pada H+1 Lebaran kawasan Puncak Bogor mulai dipadati wisatawan, dan Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas secara situasional sistem satu arah dan sistem lawan arah (contraflow) di Tol Jagorawi.

Sigit menambahkan, penerapan rekayasa lalu lintas ini nantinya akan dikoordinasikan dengan Kementerian Perhubungan dan Jasa Marga. Koordinasi itu untuk menentukan kapan contraflow dan one way diterapkan.

“Tentunya ini nanti akan kita putuskan bersama dengan teman-teman dari Kementerian Perhubungan dan Jasa Marga, kapan pada saat kita melakukan contraflow dan kapan kita berlakukan one way,” kata dia.

Sigit memastikan rekayasa lalu lintas itu nantinya akan disosialisasikan ke masyarakat. Sosialisasi itu diberikan agar warga tidak terganggu rekayasa lalu lintas yang diterapkan.

“Namun sebelumnya kita akan memberikan informasi ataupun sosialisasi kepada masyarakat baik melalui jalur radio jalur TV ataupun jalur-jalur informasi yang bisa kita berikan kepada masyarakat sehingga masyarakat tentunya siap dan tidak akan terganggu dengan proses rekayasa yang akan kita laksanakan,” ucap Sigit.

Baca juga: Pajak Kendaraan Mati 2 Tahun, Kendaraan Jadi Bodong

Sebelumnya Menko PMK Muhadjir Effendy mengungkapkan bahwa arus mudik saat Natal diprediksi terjadi pada 23-24 Desember. Sedangkan puncak arus balik Natal diprediksi terjadi pada 25-26 Desember.

Kemudian puncak arus mudik saat tahun baru diprediksi terjadi pada 30-31 Desember. Sedangkan puncak arus balik tahun baru diprediksi terjadi pada 1-2 Januari 2023.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.