Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak SUV Baru yang Gagal Melewati Tes Uji Tabrak Terkini

Kompas.com - 17/12/2022, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagaian besar mobil sport utility vehicle atau SUV gagal meraih skor tinggi saat melewati tes uji tabrak.

Seperti diketahui, uji tabrak merupakan tahapan penting yang harus dilakukan untuk melihat faktor keselamatan pada kendaraan sebelum akhirnya mobil di jual ke konsumen. Uji tabrak ini meliputi tes tabrak depan, tes tabrak samping, tes benturan kepala hingga tes tabrak pejalan kaki.

Dilansir dari Japan Today, Sabtu (17/12/2022), Presiden Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) David Harkey menjelaskan, sebagian besar mobil SUV mendapat skor rendah dalam uji tabrak.

Baca juga: Lakukan Ini Bila Kompresi Mesin Mobil Mulai Loyo

Hal ini disebabkan adanya pembaruan dalam tes tabrak tersebut yang bertujuan untuk meningkatkan fokus keselamatan pada penumpang di kursi belakang.

“Sebelumnya kami hanya fokus pada seberapa baik pengemudi terlindungi. Sekarang, risiko cedera fatal 46 persen lebih tinggi untuk penumpang kursi belakang daripada pengemudi di depan,” kata Harkey.

uji tabraktwitter.com/@IIHS_autosafety uji tabrak

Pembaruan uji tabrak itu meliputi sabuk pengaman penumpang belakang yang diperbarui. Sebelumnya sabuk pengaman berteknologi rendah hanya mengencang saat terjadinya tabrakan. Hal ini menyebabkan penumpang belakang rentan terkena cedera kepala dan leher.

“Sabuk pengaman yang baru memiliki sensor yang bisa menentukan bahwa ketika tabrakan sudah dekat, itu akan menarik penumpang ke posisi duduk yang tepat sebelum terjadinya tabrakan,” ucap Harkey.

“Setelah tumbukan, sabuk pengaman sedikit mengendur untuk mencegah sabuk naik ke panggul dan perut dimana hal itu bisa menyebabkan cedera yang parah,” lanjutnya.

Dengan adanya pembaruan itu, banyak dari SUV mendapat nilai buruk atau bisa dikatakan tidak layak.

Baca juga: Salah Kaprah Penyebutan Jenis Busi pada Mobil

Di antaranya Buick Encore, Chevrolet Equinox, Honda CR-V dan HR-V, Hyundai Tucson, Jeep Compass, Jeep Renegade, Mazda CX-5 dan Mitsubishi Eclipse Cross, yang mendapat nilai buruk.

Sementara itu Toyota RAV4 dinilai ‘dapat diterima’, sedangkan Audi Q3, Nissan Rogue, dan Subaru Forester hampir lolos.

Meski begitu, ada juga beberapa model yang mendapat nilai tinggi dan dinyatakan layak seperti Ford Escape dan Volvo XC40.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.