Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sepelekan Ritual Panaskan Mesin Skutik pada Pagi Hari

Kompas.com - 17/12/2022, 09:22 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Populasi sepeda motor matik atau skutik cukup besar di Indonesia. Bahkan jumlahnya mendominasi saat ini. 

Salah satu faktornya karena mudah digunakan. Tapi meski demikian skutik juga punya perawatan khusus.

Paling sederhana adalah perawatan rutin harian sederhana. Contoh dalam memanaskan mesin beberapa saat sebelum melakukan perjalanan di pagi hari. 

Menurut Kepala Bengkel Honda Zirang Motor Semarang Nurhadi Muslim, ritual memanaskan mesin dilakukan untuk keseimbangan sirkulasi oli dan mengatur pasokan arus listrik dari aki ke masing-masing komponen.

Baca juga: Era Elektrifikasi Harus Dimulai dari Sepeda Motor 

"Oli mesin biar naik ke atas, pompa oli diberikan waktu untuk adaptasi. Arus listrik dari aki juga bisa lebih stabil, mencegah kemungkinan aki tekor di kemudian hari," kata Nurhadi kepada Kompas.com, Jumat (16/12/2022). 

Menurut Nurhadi, saat memanaskan mesin sebaiknya dibiasakan diberikan batas waktu tertentu untuk menghindari bahan bakar terbuang percuma.

Ilustrasi Honda Genio 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi Honda Genio 2022

Nurhadi mengatakan, 1 menit adalah waktu yang maksimal, lebih dari itu suhu kerja ideal sudah terlewati.

"Cukup 1 menit saja, kalau lebih terlalu lama. Mesin kan punya suhu kerja 90 derajat celcius. Itu artinya komposisi pembakaran dan udara seimbang, jadi sudah siap," ujarnya. 

Lebih dari itu sama saja membuang bahan bakar. Mesin yang terlalu panas juga tak baik untuk jangka panjang. Mudah sekali menciptakan kerak karbon di ruang bakar, sumber penyebab ngelitik. 

Baca juga: Kerap Langgar Aturan, Pelat Nomor RF Ternyata Bukan Prioritas di Jalan Raya

Kick starter pada motor matic Honda- Kick starter pada motor matic Honda
Saat ini jarang skutik baru yang dilengkapi kick starter. Namun, hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan komponen aftermarket yang banyak dijual di toko aksesoris. 

Kick starter dapat digunakan untuk menyalakan mesin terutama di pagi hari, hal itu banyak dianggap solusi alternatif menghemat daya aki. 

Namun menurut Nurhadi, fungsi asli dari kick starter adalah peralatan darurat pertolongan pertama saat aki tekor. 

Begitu dijadikan solusi mengisi daya aki, memang bisa diterapkan, hal itu belajar dari kebiasaan terus-terusan menyalakan mesin dengan electric starter, alhasil aki cepat tekor. 

"Jadi kerja aki tidak terbebani. 90 persen daya listrik habis untuk menghidupkan mesin pertama kali," kata dia. 

Baca juga: KNKT Menjelaskan Kelemahan Skutik pada Turunan Panjang

Elektrik starter sudah jadi fitur wajib skutik modern. Rangkaian sistem operasi tersebut ditentukan kondisi motor starter.

Maka dari itu, untuk mencegah kerusakan serius sebaiknya saat menyalakan mesin tombol tersebut cukup di tekan sebentar saja.  Hal itu seperti disampaikan Kepala Bengkel Honda Nusantara Sakti Penggaron Rofiudin. 

Tombol fitur lampu hazard pada Honda PCXZulfana K. Rijal Tombol fitur lampu hazard pada Honda PCX

"Motor starter bisa cepat rusak ketika di crank atau starter terlalu lama. Itu kan mekanikal dan elektrikal pakai suatu kumparan. Begitu mesin nyala, langsung dilepas, jika starter lama bisa putar kunci motor dahulu ke off baru di nyalakan lagi," ucap Rofiudin. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com