Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Banyak SUV Baru yang Gagal Melewati Tes Uji Tabrak Terkini

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagaian besar mobil sport utility vehicle atau SUV gagal meraih skor tinggi saat melewati tes uji tabrak.

Seperti diketahui, uji tabrak merupakan tahapan penting yang harus dilakukan untuk melihat faktor keselamatan pada kendaraan sebelum akhirnya mobil di jual ke konsumen. Uji tabrak ini meliputi tes tabrak depan, tes tabrak samping, tes benturan kepala hingga tes tabrak pejalan kaki.

Dilansir dari Japan Today, Sabtu (17/12/2022), Presiden Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) David Harkey menjelaskan, sebagian besar mobil SUV mendapat skor rendah dalam uji tabrak.

Hal ini disebabkan adanya pembaruan dalam tes tabrak tersebut yang bertujuan untuk meningkatkan fokus keselamatan pada penumpang di kursi belakang.

“Sebelumnya kami hanya fokus pada seberapa baik pengemudi terlindungi. Sekarang, risiko cedera fatal 46 persen lebih tinggi untuk penumpang kursi belakang daripada pengemudi di depan,” kata Harkey.

Pembaruan uji tabrak itu meliputi sabuk pengaman penumpang belakang yang diperbarui. Sebelumnya sabuk pengaman berteknologi rendah hanya mengencang saat terjadinya tabrakan. Hal ini menyebabkan penumpang belakang rentan terkena cedera kepala dan leher.

“Sabuk pengaman yang baru memiliki sensor yang bisa menentukan bahwa ketika tabrakan sudah dekat, itu akan menarik penumpang ke posisi duduk yang tepat sebelum terjadinya tabrakan,” ucap Harkey.

“Setelah tumbukan, sabuk pengaman sedikit mengendur untuk mencegah sabuk naik ke panggul dan perut dimana hal itu bisa menyebabkan cedera yang parah,” lanjutnya.

Dengan adanya pembaruan itu, banyak dari SUV mendapat nilai buruk atau bisa dikatakan tidak layak.

Di antaranya Buick Encore, Chevrolet Equinox, Honda CR-V dan HR-V, Hyundai Tucson, Jeep Compass, Jeep Renegade, Mazda CX-5 dan Mitsubishi Eclipse Cross, yang mendapat nilai buruk.

Sementara itu Toyota RAV4 dinilai ‘dapat diterima’, sedangkan Audi Q3, Nissan Rogue, dan Subaru Forester hampir lolos.

Meski begitu, ada juga beberapa model yang mendapat nilai tinggi dan dinyatakan layak seperti Ford Escape dan Volvo XC40.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/17/112200215/banyak-suv-baru-yang-gagal-melewati-tes-uji-tabrak-terkini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke