Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bodi Bus Laksana Terbaru Dijiplak Perusahaan Bus di Luar Negeri

Kompas.com - 15/12/2022, 13:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus terbaru buatan Karoseri Laksana yakni Legacy SR3 Suites Class sudah ada jiplakannya. Sama seperti model Laksana sebelumnya, bodi terbaru kali ini dijiplak perusahaan otobus di Bangladesh.

Kumpulan foto dari jiplakan tersebut diunggah akun Subhanedi ke Instagram. Bisa dilihat, dari pilhan warna sampai livery yang digunakan pun serupa dengan unit Laksana yang dibawa saat GIIAS 2022.

Bentuk selendang, sampai livery di bagian samping bus juga tampak mengambil inspirasi dari bus yang saat itu milik PO STJ. Tapi pada bagian depan, memang belum memakai lampu SR3 yang baru, jadi masih SR2.

Baca juga: Jangan Tinggalkan Tas Saat Perjalanan Naik Bus AKAP

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Edi Subhan (@subhanedi)

 

Uniknya lagi adalah di bagian belakang, di mana model kap mesin baru dari Laksana pun ikut dijiplak. Walaupun untuk model lampu juga belum mengikuti yang SR3, masih SR2.

Mungkin kalau lampu depan dan belakang SR3 sudah banyak tersedia di pasaran, bukan berarti kreasi dari Bangladesh akan semakin mirip. Untuk bagian kabin, diisi sleeper seat yang disusun dua kanan satu kiri (2-1).

Kalau soal konfigurasi sleeper seat 2-1, bus-bus di Bangladesh memang lebih dulu menerapkan. Sedangkan untuk Laksana, baru di 2022 menggunakan susunan 2-1.

Baca juga: Beli Mobil Listrik Dapat Insentif Rp 80 Juta, Motor Listrik Rp 8 Juta


Menanggapi hal tersebut, Kusririn, Manager Desain Karoseri Laksana mengatakan, sebagai karoseri besar di Indonesia, hal tersebut tentu mempunya kebanggaan tersendiri.

"Itu berarti desain dari Karoseri Laksana diterima di dalam dan luar negeri. Menjadikan kami tambah semangat dalam membuat produk yang baik dan berkualitas tentunya," ucap Kusririn kepada Kompas.com, Kamis (15/12/2022).

Bus baru Legacy SR3 buatan Karoseri LaksanaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus baru Legacy SR3 buatan Karoseri Laksana

Selain itu, Kusririn juga mau desain bus buatan Laksana jadi tren. Jadi pembuat bodi bus lainnya bisa terinspirasi untuk membuat desain-desain yang tidak kalah kerennya.

"Menjadi tren memang salah satu tujuan utama. Dengan bahasa desain yang selalu inovatif dan berani tentunya menjadi daya tarik tersendiri," kata Kusririn.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com