Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Ioniq 5 N Bakal Dibekali Tuas Transmisi dan Suara Artifisial

Kompas.com - 13/12/2022, 11:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Ioniq 5 N dikabarkan akan diperkenalkan pada 2023. Mobil listrik ini akan dibekali dengan tuas transmisi dan suara buatan alias artifisial.

Hyundai disebutkan tetap ingin memberikan sensasi berkendara mobil manual. Sebab, masih banyak konsumen Hyundai yang belum bisa lepas dengan sensasi mengganti persneling dan suara knalpot.

Baca juga: Hyundai Ioniq 5 N Mulai Terlihat Bentuknya, Bumper dan Kap Depan Baru

Hyundai Executive Advisor Albert Biermann, mengatakan, ide ini muncul karena Hyundai ingin memberikan pengalaman yang sama seperti mengendarai model N dengan mesin konvensional.

Hyundai Ioniq 5 NDok. Motor1.com Hyundai Ioniq 5 N

"Idenya adalah membuat semirip mungkin dengan rasa dan suara dari transmisi DCT pada i30 N," ujar Biermann, dikutip dari Motor1.com, Selasa (13/12/2022).

Untuk itu, Ioniq 5 N akan dibekali dengan Virtual Grin Shift (VGN) yang diatifkan dengan menekan tombol pada setir. VGN didukung oleh N Sound Plus, yang menyediakan berbagai macam suara dari mobil konvensional.

Baca juga: Mengadopsi Teknologi RN22e, Hyundai Ioniq 5 N Siap Meluncur 2023

Hyundai Ioniq 5 NDok. Motor1.com Hyundai Ioniq 5 N

Bahkan, termasuk suara seperti putaran mesin mengenai rev limiter. Selain itu, Ioniq 5 N juga kabarnya akan dibekali dengan Drift Mode.

Untuk dapur pacunya, mobil listrik ini tenaga di kisaran 600 tk. Tidak jauh berbeda dengan Kia EV6 GT-Line, di mana kemampuan akselerasi untuk 0-100 kilometer per jam dapat ditempuh dalam 0,5 detik. Sementara kecepatan maksimumnya, diklaim dapat tembus 260 kilometer per jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com