Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersama Hyundai Kefico, PLN Kembangkan SPBKLU Motor Listrik di Bali

Kompas.com - 17/11/2022, 14:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengandeng Hyundai Kefico and Consortiums, PT PLN (Persero)melakukan kolaborasi pengembangan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) motor listrik.

Bali dijadikan sebagai lokasi pilot project kolaborasi penukaran baterai dengan menyediakan 50 unit motor listrik dari Hyundai Kefico kepada PLN. Kerja sama ini juga meliputi instalasi dan infrastruktur SPBKLU.

General Manager Hyundai Kefico ASEAN Region Control Office Jay Un Chun mengatakan, sinergi antara pemerintah dan perusahaan di Indonesia dibutuhkan untuk membuat model bisnis yang mampu memacu pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

Baca juga: Honda Luncurkan Model Baru Motor Mungil MSX125 Grom

"Dalam 3 bulan kegiatan uji coba proof of concept diharapkan mampu memperoleh hasil yang diharapkan. Kami ingin memberikan kinerja yang lebih baik dari sisi kualitas maupun safety melalui produk kami," ucap Jay dalam keterangan resminya, Rabu (16/11/2022).

PLN bersama Hyundai KeficoPLN PLN bersama Hyundai Kefico

Bali dipilih sebagai tempat uji coba karena dianggap tempat terbaik untuk membentuk ekosistem kendaraan listrik. Tak hanya dari segi pertumbuhan populasi namun juga berbagai bentuk model bisnis yang mendukung pariwisata.

Sementara itu, Executive Vice President Retail Regional Jawa, Madura, dan Bali, Abdul Farid mengatakan, saat ini permasalahan pada motor listrik adalah di sisi baterai dan jangkauan.

Rata–rata teknologi yang ada saat ini untuk kendaraan listrik sudah menjangkau 100–500 kilomater (km), bahkan bisa sampai 1.000 km, namun yang menjadi soal ialah harga.

"Membuat motor dengan sekali isi ulang bisa menjangkau 100–200 km itu bisa namun belum tentu feasible dari sisi harga. Dari kegiatan uji coba inilah diharapkan mampu menjawab tantangan ini, tentu dengan dukungan teknologi yakni battery swap sehingga menjadi solusi," ujar Farid.

Baca juga: Gogoro Fokus Ekspansi Motor Listrik ke India dan Indonesia

Pengunjung mendapat kesempatan mencoba sepeda motor listrik di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Kamis (28/7/2022). Motor dan sepeda listrik yang bisa dicoba antara lain Gesits GI, Rakata NX8 dan NX3, Rakata OYIKA 59, U Win, serta Fly DF-5.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Pengunjung mendapat kesempatan mencoba sepeda motor listrik di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Kamis (28/7/2022). Motor dan sepeda listrik yang bisa dicoba antara lain Gesits GI, Rakata NX8 dan NX3, Rakata OYIKA 59, U Win, serta Fly DF-5.

Farid berharap agar pengembangan motor listrik nantinya bisa menjawab keraguan masyarakat dan dari uji coba proof of concept ini juga bisa ditemukan formula terbaik.

Sedangkan untuk lokasi SPBKLU di Bali sudah tersedi di Kantor PLN UID Bali, PLN ULP Denpasar Jl. PB Sudirman, Rumah BUMN Denpasar Jl. Raya Sesetan, Kantor PLN Pusharlis Jl. Gn Mandalawangi, Kantor PLN Yantek Sanur Jl. Danau Poso, PLN ULP Kuta Jl. Sunset Road, PLN Rumah Dinas Tangkuban Perahu, PLN Kantor Jaga Canggu Jl. Kayu Tulang, PLN Yantek Kuta Jl. Bypass Ngurah Rai, dan PLN Nusa Dua Jl. Taman Giri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com