Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Boleh atau Tidak Mencuci Area Mesin Mobil Hybrid?

KLATEN, KOMPAS.com - Menjaga mobil agar tetap bersih memang suatu keharusan. Termasuk mobil hybrid, agar mobil selalu enak dipandang maka mobil harus dicuci bila kotor.

Tidak hanya pada bagian eksterior dan interior, ruang mesin juga memerlukan perawatan agar selalu bersih dan terhindar dari serangan tikus.

Hanya saja, mobil hybrid memiliki komponen elektrik yang lebih kompleks, lantas apa boleh mencuci ruang mesin?

Kepala Bengkel Nasmoco Klaten Bitok Kasdik, mengatakan tidak boleh mencuci area mesin hybrid dengan air, karena itu bisa merusak komponen di mesin.

“Jangan mencuci area mesin dengan air, jika mencuci kendaraan hybrid di area mesin sembarangan maka bisa merusak komponen kelistrikan, bisa menyebabkan korosi atau pun korsleting,” ucap Bitok kepada Kompas.com, Selasa (15/11/2022).

Dia mengatakan menjaga kebersihan di area mesin memang tidak dilarang, bahkan harus. Tapi, bila cara yang dilakukan salah malah bisa berakibat fatal.

“Jangan pernah mencuci area mesin hybrid dengan air yang bertekanan tinggi, apabila ingin membersihkan area mesin cukup dilap saja, air bertekanan cenderung membuat komponen elektronik rusak,” ucap Bitok.

Dia mengatakan bila memang harus membersihkan area mesin, sebaiknya meminta bantuan kepada tenaga profesional untuk pembersihannya.

“Jika sangat kotor di area mesin bisa dibawa ke dealer terdekat biar ditangani oleh yang sudah professional, karena hampir semua bengkel resmi Toyota menyediakan mekanik yang sudah tersertifikasi dalam menangani mobil hybrid,” ucap Bitok.

Jadi, membersihkan area mesin mobil hybrid tidak boleh sembarangan, apalagi mencuci area mesin dengan air bertekanan. Hal itu bisa memicu terjadinya korosi hingga korsleting.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/16/111200915/boleh-atau-tidak-mencuci-area-mesin-mobil-hybrid-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke