Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Spesifikasi Prototipe Motor Listrik Pindad Bernama Moto EV

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada ajang Indo Defense Expo & Forum di JI Expo Kemayoran, PT Pindad (Persero) turut meramaikan dengan membawa prototipe motor listrik dengan nama Moto EV.

Motor tersebut memiliki desain yang berbeda dibanding dengan yang dibawa Pindad saat ajang WSBK Mandalika tahun lalu. Kali ini, desain motornya tampak dibuat untuk jalan aspal dibanding model supermoto.

Tampak di bagian depan, lampunya ganda, dua lingkaran yang memakai LED. Kemudian kaki-kaki depan, sudah dilengkapi dengan suspensi upside down, pelek jari-jari dan ban jalan raya.

Pada bagian dasbor, sudah memakai instrumen cluster full digital yang menampilkan kecepatan, besaran tenaga yang digunakan, odometer dengan fitur trip, posisi gigi, dan suhu baterai.

Sedangkan di bagian samping, ada bodi yang cukup besar dimensinya untuk menutup baterai dan motor listrik. Moto EV Pindad ini memiliki baterai 72V 50Ah, diklaim bisa menempuh jarak sampai 130 Km.

Untuk motor listriknya, menghasilkan tenaga 5 kW dan torsi 30 Nm sampai 38 Nm. Memang, tenaga dan torsi ini bisa didapatkan sejak putaran gas dibuka.

Riovan, Developer Engineering PT Pindad (Persero) menjelaskan, Moto EV ini masih prototipe dan tunggu sertifikasi. Saat ini peruntukannya masih sebagai kendaraan taktis, terutama untuk Kementerian Pertahanan.

"Moto EV rencananya digunakan untuk patroli, makanya ditargetkan punya jarak tempuh yang jauh," kata Rio kepada Kompas.com, Kamis (3/11/2022).

Rio kembali menegaskan, Moto EV masih prototipe, nantinya akan ada penyempurnaan di bagian desain maupun performa.

Berikut spesifikasi Moto EV buatan Pindad:

Tenaga: 5 kW
Kecepatan Maksimum: 80 kpj
Torsi: 30-38 Nm
Baterai:72V 50Ah
Panjang: 1.975 mm
Lebar: 865 mm
Tinggi: 1.335 mm
Ground Clearance: 200 MM
Berat: 90 kg

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/03/174100615/spesifikasi-prototipe-motor-listrik-pindad-bernama-moto-ev

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke