Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AISI Yakin Penjualan Motor Tahun Ini Capai Target

Kompas.com - 03/11/2022, 11:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Johannes Loman menyatakan, masalah kelangkaan pasokan cip semikonduktor di Indonesia sudah mulai teratasi.

Sehingga produksi sepeda motor yang sebelumnya sempat terganggu kini sudah mulai kembali nomal. Dengan keadaan tersebut, diyakini bila target penjualan tahunan dapat tercapai yaitu 5,1 juta unit sampai 5,4 juta unit.

"Hingga September 2022, pasar sepeda motor domestik sudah mencapai 3,6 juta unit. Kendati masih rendah 4 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya, kami optimis bisa mencapai 5,1 juta sampai 5,4 juta unit," kata dia di gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (2/11/2022).

Baca juga: Cek Daftar Puluhan Motor yang Bisa Dicoba Selama IMOS 2022

Sejak awal tahun 2022, penjualan motor bekas berangsur membaik Dicky Aditya Wijaya Sejak awal tahun 2022, penjualan motor bekas berangsur membaik

"Sebab masalah cip ini sudah kita selesaikan di Agustus 2022. Makanya jika dilihat dari data Kementerian Perindustrian yang diolah AISI, market per-bulan sudah 500.000-an unit lagi," lanjut Loman.

Sebelumnya di 2020, penjualan sepeda motor hanya mencapai 3,6 juta unit atau turun 43,5 persen akibat pandemi Covid-19. Setahun setelahnya, pasar mulai pulih dengan mengalami kenaikan 38,5 persen jadi 5 juta unit.

Tetapi, capaian itu belum mencapai kineja sebelum pandemi Covid-19 yang rata-rata mencapai 6 juta sampai 7 juta unit setahunnya.

Selain pulihnya pasokan semikonduktor, Loman mengatakan keyakinan AISI terhadap kinerja penjualan di 2022 juga didasarkan pada pertumbuhan ekonomi yang terus terjaga, serta daya beli masyarakat yang meningkat.

“Faktor ini yang yang membuat kami optimistis bisa meningkatkan penjualan, termasuk mendorong volume ekspor produk anak bangsa,” kata Loman.

Baca juga: Honda Pajang 27 Motor di IMOS 2022

Deretan motor listrik Honda di IMOS 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Deretan motor listrik Honda di IMOS 2022

"Sekarang saya kira tidak ada inden lagi, sudah tepenuhi suplainya kecuali ada peningkatan permintaan yang tiba-tiba dan signifikan," ucapnya.

Melalui penyelenggaraan IMOS 2022, AISI juga berharap kinerja penjualan di akhir tahun dapat lebih meningkat. Apalagi ada sejumlah produk baru yang khusus diluncurkan pada pameran sepeda motor terbesar di Indonesia tersebut.

"Kami yakin IMOS 2022 akan bisa menjadi titik balik pertumbuhan industri sepeda motor sekaligus jadi tonggak lahir dan tumbuhnya teknologi dan tren baru industri sepeda motor di Tanah Air," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com