Kompas.com - 01/11/2022, 17:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Truk hidrogen fuel cell dari Hyundai yakni Xcient mencatatkan rekor dunia. Xcient menjadi heavy-duty fuel cell truck pertama yang mencapai lima juta kilometer secara kumulatif dalam kondisi operasional.

Sebanyak 47 unit Xcient dibagikan kepada 23 perusahaan di Swiss dan mencapai 5 juta kilometer dalam dua tahun.

Kegiatan ini sudah dilakukan sejak 2020, Xcient dibuat untuk mengantar logistik, distribusi, dan stok supermarket.

Mark Freymueller, Senior Vice President and Head of Commercial Vehicle Business Innovation at Hyundai Motor Company mengatakan, hasil dari uji coba ini merupakan hal bagus untuk negara lain yang mau menggunakan truk tanpa emisi, terutama berbasis hidrogen.

Baca juga: Truk Listrik Tesla Semi Tertangkap Kamera, Akselerasi Mulus Hening

Truk Hyundai XCIENTTRUCKNBUS.HYUNDAI.com Truk Hyundai XCIENT

"Berdasarkan hasil yang sukses di Swiss, kami akan memperluas bisnis (truk fuel cell) di Eropa," ucap Mark dikutip dari siaran resmi, Selasa (1/11/2022).

Pada 2019, Hyundai Motor menciptakan Hyundai Hydrogen Mobility (HHM), bekerja sama dengan perusahaan Swiss yakni H2 Energy. Peran Hyundai sangat krusial dalam menciptakan ekosistem hidrogen yang rendah emisi.

Membahas Xcient, truk heavy-duty ini memakai sistem fuel cell 180kW dengan dua 90 kW fuel cell stacks. Ketahanan dan kehematan hidrogen ini sebenarnya bisa disesuaikan dengan keinginan customer.

Baca juga: Harga Dexlite dan Pertamina Dex Naik, Pertamax Turbo Turun


Xcient menggunakan motor listrik dengan tenaga 350 kW dengan torsi 2.237 Nm. Tangki Xcient yang besar bisa menampung sampai 31 Kg hidrogen dan ada juga baterai 72 kWh untuk membantu performa saat dibutuhkan.

Hasilnya, Xcient bisa menempuh 400 Km berdasarkan pengetesan dalam sekali cas. Untuk mengisi tangki hidrogen, dibutuhkan waktu sekitar delapan menit sampai 20 menit, tergantug suhu udara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.