Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/10/2022, 15:12 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Mobil dengan mesin diesel kerap dijadikan andalan masyarakat Indonesia. Mereka menganggap mesin diesel lebih tangguh daripada mesin bensin.

Selain itu masih diesel juga dianggap lebih irit konsumsi bahan bakar. Hal itu membuat mobil bermesin diesel banyak diburu masyarakat, baik mobil baru ataupun bekas.

Tidak sedikit juga orang yang menganggap perawatan mesin diesel sederhana. Seperti ketika mesin diesel mengalami permasalahan tarikan mesin lemot atau berat.

 

Baca juga: Ini Penyebab Brebet pada Mobil Mesin Diesel

Ford Everest SUV bermesin diesel 2.500 cc Dicky Aditya Wijaya Ford Everest SUV bermesin diesel 2.500 cc

Mantan Mekanik Nissan Jambi Agus Priyobodo, menyatakan permasalahan paling umum pada mesin diesel adalah tarikan berat atau lemot.

“Tarikan mesin yang lemot ini bisa disebabkan oleh filter bahan bakar yang sudah kotor, sehingga suplai bahan bakar tertunda,” ucap Agus kepada Kompas.com, Kamis (27/10/2022).

Dia mengatakan permasalahan tersebut merupakan kendala pada mesin diesel yang paling ringan. Namun tidak jarang bola mesin diesel yang tarikannya lemot disebabkan oleh hal lain.

 

Baca juga: Mobil Mesin Diesel Keluar Asap Hitam dari Knalpot, Pertanda Apa?

Saat alami runaway, mesin diesel akan terus menyala walaupun kontak sudah pada posisi off.- Saat alami runaway, mesin diesel akan terus menyala walaupun kontak sudah pada posisi off.

“Bisa dari turbochargernya, ketika turbin pada turbo tidak lancar dalam berputar, bisa karena macet, saluran gas buang lepas, atau solenoid VNT-nya eror itu akan membuat tarikan mesin diesel lemot,” ucap Agus.

Dia mengatakan, turbocharger memegang peran sangat penting dalam menunjang kinerja mesin diesel.

“selain dari turbocharger, tarikan lemot juga bisa disebabkan oleh injektor yang mati, bisa karena sumbatan kotoran arau ada komponen dalam injektor yang rusak,” ucap Agus.

 

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil Mesin Diesel Lebih Bertenaga?

Contoh filter solar pada mesin diesel- Contoh filter solar pada mesin diesel

Jadi ketika mesin diesel tarikannya lemot, hal yang bisa dicoba periksa adalah filter bahan bakar, turbocharger atau injektor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.