Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan DFSK Menurun pada September 2022

Kompas.com - 25/10/2022, 16:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – PT Sokonindo Automobile (DFSK Indonesia) menjadi salah satu mobil asal China yang meramaikan pasar otomotif Indonesia beberapa tahun terakhir.

Berdasarkan data yang diolah dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan wholesales DFSK di Indonesia Januari-September 2022 mencatatkan 1.878 unit.

Baca juga: Apa Benar Mobil BMW Jadul Rawan Overheat?

Penjualan DFSK setiap bulannya bergerak secara fluktuatif. Pada September tahun ini, DFSK mencatatkan penjualan wholesales 128 unit.

Sementara itu, di bulan sebelumnya mampu menjual 273 unit. Artinya, ada penurunan penjualan sekitar 53 persen pada bulan kesembilan tahun ini.


Di sisi lain, DXK1021 menjadi penyumbang penjualan terbesar bagi DFSK di September 2022. Mobil segmen pikap tersebut berkontribusi sebanyak 6,3 persen.

Jika melihat ke bulan sebelumnya yang mampu menjual 233 unit, ada penurunan drastis yang dialami oleh DXK1021. Padahal, pada Juli 2022 produk ini sempat menjadi pikap terlaris pada posisi kelima.

DFSK Gelora E JaklingkoDOK. DFSK DFSK Gelora E Jaklingko

Kemudian, mobil terlaris kedua dari DFSK ada Gelora dengan catatan penjualan 27 unit. Torehan tersebut hasil dari akumulasi Gelora Blind Van dan Gelora Mini Bus.

Pada Agustus 2022, Gelora berhasil mencatatkan penjualan 33 unit. Artinya, penjualan mobil ini juga mengalami penurunan sekitar 18 persen.

Lalu, posisi ketiga ada Glory yang menorehkan penjualan 20 unit. Berbeda dengan kedua produk DFSK sebelumnya, Glory justru menunjukkan kinerja positif di bulan September tahun ini.

Baca juga: Auto2000 Tawarkan Layanan Bodi dan Cat yang Lengkap

Pada bulan sebelumnya, Glory hanya mencatatkan penjualan wholesales 5 unit sehingga ada peningkatan 75 persen.

Berikut daftar 3 mobil DFSK terlaris di Indonesia September 2022 (wholesales):

1. DXK1021 : 81 unit
2. Gelora : 27 unit
3. Glory : 20 unit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com