Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/10/2022, 15:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Selain bekas banjir, mobil yang pernah mengalami kecelakaan juga biasanya dipasarkan dengan harga miring alias murah.

Karena itu, bagi calon pembeli mobil bekas, jangan lekas tergiur dengan iming-iming harga murah dari pasaran yang ditawarkan sejumlah oknum.

Pemeriksaan yang dilakukan harus benar-benar detail. Khusus untuk mengetahui apakah mobil pernah mengalami kecelakaan, ada beberapa yang harus diperhatikan. 

Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto mengatakan, kunci memastikan unit incaran bukan bekas tabrakan atau kecelakaan yang terpenting adalah melakukan test drive. 

Baca juga: Jangan Tergiur Beli Mobil Bekas Kilometer Rendah

Honda Odyssey, pilihan mobil bekas menarik harga murahDicky Aditya Wijaya Honda Odyssey, pilihan mobil bekas menarik harga murah

"Saat test drive, gejala-gejala seperti handling mobil tidak nyaman, pengereman tidak akurat, dan setir yang liar bisa jadi beberapa patokan kemungkinan besar unit pernah terlibat insiden," ucap Bambang kepada Kompas.com, Senin (24/10/2022). 

Meskipun demikian, kata dia, sebelum sesi test drive bisa diawali pemeriksaan detail masing-masing komponen.

Diawali dari pengecekan bagian-bagian yang terlihat, seperti bodi, lalu masuk ke sektor kaki-kaki, hingga mesin. 

Ciri spesifik mobil bekas kecelakaan, jika benar-benar diperhatikan, banyak titik-titik perbaikan yang belum rapi, dan terlihat janggal. 

Baca juga: Ini Poin Pemeriksaan Komponen Kelistrikan Mobil Bekas Banjir

Rangka kap mesin Innova bisa jadi patokan memilih unit bebas lakaInnova Community Rangka kap mesin Innova bisa jadi patokan memilih unit bebas laka

"Buka kap mesin, sasis bagian depan jika pernah diperbaiki detail tulangan-tulangannya terlihat tidak rata," ujar Bambang.

"Detail las berbentuk titik dari pabrikan hilang tertutup plat baru. Sasis pernah di press dan finishing akhirnya di las ulang kemudian dilapisi dempul," katanya. 

Bambang melanjutkan, jika belum yakin, pemilik bisa masuk kolong mobil. Poin pemeriksaannya adalah melihat bagian sasis bull bar. 

Baca juga: Tantangan Chery Gaet Kepercayaan Pasar Indonesia

Jika belum pernah terlibat kecelakaan parah, sasis mobil seharusnya masih presisi dengan dudukan radiator atau bumper. 

Pengecekan mobil bekasOtospector Pengecekan mobil bekas

"Jika pernah kena (kecelakaan) sasis bullbar biasanya terlihat menjorok ke arah dalam," kata Bambang. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.