Ini Poin Pemeriksaan Komponen Kelistrikan Mobil Bekas Banjir

Kompas.com - 24/10/2022, 13:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Membeli mobil bekas dengan harga wajib untuk dilakukan pemeriksaan. Pasalnya, akan sangat menyesal saat mengetahui ternyata unitnya bekas banjir

Mobil bekas banjir bisa sangat merugikan pemilik karena menyimpan risiko kerusakan serius pada semua komponen, baik itu mesin, transmisi, maupun kelistrikan. 

Namun dari beberapa poin kerusakan tersebut, sektor kelistrikan menjadi yang paling rawan dan wajib diwaspadai.

Bagi pemilik awam dan tak paham komponen kelistrikan mobil bermasalah, Bambang Sri Haryanto, Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang menjelaskan, deteksi kerusakan komponen bekas banjir harus dilakukan menggunakan alat diagnostic scanner

Baca juga: Mitos atau Fakta, Garansi Hangus Jika Abaikan Servis 1.000 Km Pertama?

"Diagnostic Trouble Codes (DTC), menganalisa kerusakan berasal darimana, hasilnya bisa langsung terbaca. Baru dilanjutkan penanganan sesuai standar prosedur," kata Bambang kepada Kompas.com, Senin (24/10/2022). 

Bambang mengatakan, penanganan kerusakan komponen kelistrikan bisa dibilang paling rumit.  Karena tak sedikit analisanya harus dilakukan dengan cara manual. 

"Baru-baru ini kita menangani mobil bekas banjir rob pelabuhan Tanjung Emas Semarang, setelah diagnosa beberapa kali, sumber masalah ternyata salah satu blok electronic control unit (ECU) ada yang kena," ucapnya.

Ilustrasi alat scanner mobil Ancel OBD2Dok. Shopee Ilustrasi alat scanner mobil Ancel OBD2

Sesuai standar operasional prosedur (SOP), poin pemeriksaan komponen elektrikal kendaraan bekas banjir hampir menyankut seluruh sektor kelistrikan.

Dari ECU, sekring, dan kabel-kabel kelistrikan (wiring). Satu-persatu komponen itu akan dilihat dari kondisi fisik dan fungsi. 

"Jika kerusakan kategori berat, penanganan sampai proses wiring diagram manual," kata Bambang. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.