Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Segera Produksi Mobil Listrik di Indonesia

Kompas.com - 19/10/2022, 16:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Toyota Innova Hybrid nampaknya tidak akan lama lagi. Generasi ketiga multi purpose vehicle (LMPV) andalan Toyota itu dikabarkan bakal meluncur pada akhir 2022.

Hal ini diperkuat dengan kabar yang menyatakan bahwa kendaraan tersebut sudah lolos uji tipe di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor.

Bahkan, sebagaimana diungkapkan oleh sumber Kompas.com di Kementrian Perhubungan, mobil sudah mendapat Sertifikasi Uji Tipe (SUT). Hanya saja belum bisa menyebut jumlah unit dan tipenya.

Baca juga: Toyota Kijang Innova Hybrid Lulus Uji Tipe, Siap Diluncurkan?

Sejumlah diler resmi Toyota di wilayah DKI Jakarta juga diketahui telah membuka keran pemesanan Toyota Innova Hybrid. Mobil yang digadang bakal memiliki tiga varian ini bisa didapatkan oleh calon konsumen dengan mengeluarkan kocek Rp 10 juta.

Saat dikonfirmasi, Direktur Corporate Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam mengatakan, bahwa pihaknya saat ini tengah mempersiapkan mobil listrik Toyota dan akan segera diluncurkan dalam waktu dekat.

Toyota Kijang Innova EV ConceptDOK. TAM Toyota Kijang Innova EV Concept

“Kita segera keluarkan model elektrifikasi Toyota pertama. Produksi segera dilakukan, saat ini belum tapi segera,” ucap Bob Azam, saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (18/10/2022).

Sayangnya, dia masih enggan menyebutkan model maupun tipe kendaraan listrik apa yang akan diproduksi di pabrik TMMIN di Karawang. Namun, spekulasi kuat merujuk pada Toyota Innova Hybrid.

Baca juga: Puluhan Unit Toyota bZ4X buat KTT G20 Sudah Sampai di Indonesia

Sebagai informasi, Toyota Innova kabarnya bakal menggunakan platform baru bernama TNGA-C Modular, yang memungkinkan mobil ini memiliki konfigurasi penggerak roda depan. Selain itu, mobil ini juga diklaim bakal memiliki kabin yang lebih lega dari generasi sebelumnya.

Toyota Innova terbaru juga diketahui bakal mendapat lebih banyak fitur premium seperti sunroof dan teknologi berbasis ADAS (Advanced Driver Assistance System). Namun, hal tersebut belum dapat dipastikan hingga peluncuran resminya. Jadi kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com