Kompas.com - 19/10/2022, 16:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Toyota Innova Hybrid nampaknya tidak akan lama lagi. Generasi ketiga multi purpose vehicle (LMPV) andalan Toyota itu dikabarkan bakal meluncur pada akhir 2022.

Hal ini diperkuat dengan kabar yang menyatakan bahwa kendaraan tersebut sudah lolos uji tipe di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor.

Bahkan, sebagaimana diungkapkan oleh sumber Kompas.com di Kementrian Perhubungan, mobil sudah mendapat Sertifikasi Uji Tipe (SUT). Hanya saja belum bisa menyebut jumlah unit dan tipenya.

Baca juga: Toyota Kijang Innova Hybrid Lulus Uji Tipe, Siap Diluncurkan?

Sejumlah diler resmi Toyota di wilayah DKI Jakarta juga diketahui telah membuka keran pemesanan Toyota Innova Hybrid. Mobil yang digadang bakal memiliki tiga varian ini bisa didapatkan oleh calon konsumen dengan mengeluarkan kocek Rp 10 juta.

Saat dikonfirmasi, Direktur Corporate Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam mengatakan, bahwa pihaknya saat ini tengah mempersiapkan mobil listrik Toyota dan akan segera diluncurkan dalam waktu dekat.

Toyota Kijang Innova EV ConceptDOK. TAM Toyota Kijang Innova EV Concept

“Kita segera keluarkan model elektrifikasi Toyota pertama. Produksi segera dilakukan, saat ini belum tapi segera,” ucap Bob Azam, saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (18/10/2022).

Sayangnya, dia masih enggan menyebutkan model maupun tipe kendaraan listrik apa yang akan diproduksi di pabrik TMMIN di Karawang. Namun, spekulasi kuat merujuk pada Toyota Innova Hybrid.

Baca juga: Puluhan Unit Toyota bZ4X buat KTT G20 Sudah Sampai di Indonesia

Sebagai informasi, Toyota Innova kabarnya bakal menggunakan platform baru bernama TNGA-C Modular, yang memungkinkan mobil ini memiliki konfigurasi penggerak roda depan. Selain itu, mobil ini juga diklaim bakal memiliki kabin yang lebih lega dari generasi sebelumnya.

Toyota Innova terbaru juga diketahui bakal mendapat lebih banyak fitur premium seperti sunroof dan teknologi berbasis ADAS (Advanced Driver Assistance System). Namun, hal tersebut belum dapat dipastikan hingga peluncuran resminya. Jadi kita tunggu saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.