Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasrah, Marquez Tak Lagi Terobsesi Jadi Juara Dunia MotoGP

Kompas.com - 13/10/2022, 19:11 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak masuk MotoGP pada 2013, Marc Marquez terobsesi untuk memenangkan banyak balapan. Tapi, sejak cedera, dia mengaku lebih bersyukur atas hasil apapun yang didapatnya.

Cedera yang dialami oleh Marquez mengubah banyak hal. Pebalap Repsol Honda itu bahkan sempat absen hampir satu musim penuh pada 2020.

Baca juga: Alex Marquez Siap Buktikan Diri di Gresini Racing

Marquez juga harus menjalani empat kali operasi karena terlalu memaksakan diri untuk kembali balapan. Kondisi tersebut membuatnya hampir putus asa dan ingin pensiun.

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez saat melakukan sesi latihan bebas kedua MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Jumat (27/5/2022). Marquez kini comeback di MotoGP Aragon 2022 di Sirkuit MotorLand Aragon, 16-18 September 2022. (Foto AFP/FILIPPO MONTEFORTE)AFP/FILIPPO MONTEFORTE Pebalap Repsol Honda Marc Marquez saat melakukan sesi latihan bebas kedua MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Jumat (27/5/2022). Marquez kini comeback di MotoGP Aragon 2022 di Sirkuit MotorLand Aragon, 16-18 September 2022. (Foto AFP/FILIPPO MONTEFORTE)

"Saya tahu apa yang saya raih sebelum cedera, tapi sekarang saya tidak peduli. Saya akan memikirkan itu nanti saat saya pensiun," ujar Marquez, dikutip dari Crash.net, Kamis (13/10/2022).

Marquez menambahkan, sekarang ini dirinya lebih bersyukur dengan hasil apapun yang diraihnya. Bahkan, dia mengatakan pada timnya, jika lolos Q2 maka akan dirayakan. Begitu pula jika dia bisa start dari baris kedua atau ketiga, atau finis lima besar.

Baca juga: Marc Marquez Ungkap Penyebab Honda Melempem di MotoGP

"Anda tidak bisa berada di atas setiap tahunnya. Anda akan mengalami pasang surut, banyak pebalap legendaris di masa lalu yang mengalami cedera hebat, contohnya, saya bicara banyak dengan Mick Doohan," kata Marquez.

Marc Marquez saat melaju di Sirkuit Mandalika (20/3/2022).BAY ISMOYO Marc Marquez saat melaju di Sirkuit Mandalika (20/3/2022).

Doohan mengalami patah tulang pada kakinya dan kondisi tersebut sangat mengganggu karir balapnya. Pebalap Australia tersebut juga terpaksa pensiun karena cedera yang dialaminya.

"Sekarang, saya punya motivasi baru. Sekarang, saya tidak terobsesi untuk memenangkan gelar juara dunia. Tapi, bisa saja saya terobsesi lagi, mungkin saja di masa depan, dan kita akan mengetahuinya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com