Cara Sederhana Kembalikan Performa Mobil Tanpa Turun Mesin

Kompas.com - 02/10/2022, 19:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu masalah yang kerap terjadi saat membeli mobil di pasar kendaraan bekas ialah pada bagian performa yang tak lagi optimal. Umumnya, pembeli harus langsung membawa kendaraan terkait ke bengkel resmi atau langganan.

Hal tersebut supaya mobil langsung ditangani untuk mengembalikan keadaan performa dan efisiensi bahan bakarnya. Tapi dalam mencapai hal itu, tentu ada syarat utama yang harus dipenuhi.

Imam Choiri alias Apre, pemilik bengkel AP Speed mengatakan, syaratnya ialah kondisi mesin masih sehat dengan kompresi silinder yang sesuai spesifikasi, tanpa ada kebocoran.

Baca juga: Akhiri Masa Produksi, Toyota Bakal Luncurkan FJ Cruise Edisi Final

Ilustrasi Ganti Oli Mesin Mobilist Ilustrasi Ganti Oli Mesin Mobil

"Jadi perbaikannya masih bagus, tidak harus overhaul atau turun mesin," katanya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Menurut dia, jika kondisi mesin masih sehat, cara mengembalikan performa terbilang sederhana karena hanya melakukan penyegaran di sektor pengapian, pasokan BBM, penyalur daya, dan kaki-kaki saja.

Pertama, pemilik harus memperhatikan busi. Apabila ada kendala, tak ada salahnya untuk mengganti semua busi agar supaya kembali memercikkan api dengan sempurna.

Pastikan juga saringan udara masih dan tetap bersih supaya udara yang masuk tidak mengalami hambatan.

Baca juga: Polisi Tidak Menetap di Satu Titik Razia Selama Operasi Zebra 2022

Tutupi bagian penting mesin dengan plastik atau aluminium foil sebelum dicuci.Wikipedia Tutupi bagian penting mesin dengan plastik atau aluminium foil sebelum dicuci.

“Pada mobil dengan sistem bahan bakar injeksi, lakukanlah pembersihan injektor. Injektor yang tersumbat kotoran bisa membuat kinerja mesin tersendat," ujar Apre.

“Kalau pembakaran tidak sempurna, maka yang terjadi tenaga yang dihasilkan berkurang dan emisi yang dihasilkan ikut meningkat,” tambahnya.

Pemilik juga jangan lupa untuk melakukan pengecekkan kaki-kaki pada mobil, khususnya bearing. Kalau sudah aus atau tidak bisa bergulir dengan lancar, bisa menghambat laju.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.