Selisih Rp 16 Juta, Ini Perbedaan Motor Listrik United TX1800 dan TX3000

Kompas.com - 30/09/2022, 09:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Motor listrik United TX3000 dan TX1800 resmi meluncur pada pameran Indonesia Electric Motor Show 2022. Kedua model diklaim menjadi motor listrik untuk segala medan (all-terrain) pertama yang hadir di Indonesia.

Varian terbaru United E-Motor ini menjadi pilihan bagi masyarakat yang membutuhkan sebuah kendaraan roda dua yang andal dan mumpuni dari segi kecepatan (speed), tenaga (power) serta jarak tempuh (mileage), namun tetap ramah lingkungan.

Mengenai harganya, saat ini TX3000 dijual Rp. 49,9 juta. Adapun TX1800 dibanderol dengan harga Rp. 33,9 juta (OTR Jakarta).

Lantas yang menjadi pertanyaan, apa perbedaan dari kedua produk ini? Sebab desain kedua motor terlihat sama persis.

Baca juga: BPKB Elektronik Cegah Modus Nakal Kendaraan Kredit

Ilustrasi motor listrik United E-MotorKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi motor listrik United E-Motor

Head of E-Motor Division United E-Motor Awan Setiawan, mengatakan, perbedaan pertama terletak pada baterai.

TX3000 menggunakan dua baterai yang lebih panjang daya jangkaunya mencapai 120 km dan kecepatan maksimal 90 kpj, sementara TX1800 single baterai hingga 65 km serta kecepatan maksimal 75 kpj.

“Kemudian controller. Controller karena ini kan performanya tinggi, spek controller-nya yang high end punya, 24 tube. Jarang controller 24 tube, vektornya. Yang TX1800 12 tube, jadi hanya separuhnya,” ujar Awan, kepada Kompas.com (28/9/2022).

Baca juga: PO Rosalia Indah Tambah Lagi Bus Tingkat dari Karoseri Adiputro

Menurutnya, perbedaaan spek controller ini memengaruhi impresi berkendara yang akan dirasakan konsumen, terutama pada TX1800 dan TX3000.

“Ya ini (TX1800) pasti tenaganya kurang, lebih lembut. Kalau ini (TX3000) lebih kencang. Jadi rasa berkendaranya pasti beda,” ucap Awan.

Kemudian, perbedaan berlanjut pada dinamo. Awan mengatakan, dinamo TX3000 berdaya 3.000 watt, sedangkan TX1800 hanya 2.000 watt, yang turut memengaruhi pada tenaga dan performanya.

“Kemudian sokbreker beda, karena ini kencang, jadi biar lebih stabil. Kalau platform sama, desain sama, sasis semua sama. Bodi sama, bisa ditukar-tukar,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.