Kompas.com - 27/09/2022, 16:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Aleix Espargaro gagal membawa pulang poin pada MotoGP Jepang 2022 karena kesalahan tim mekaniknya alias human error. Bos Aprilia pun memastikan tidak ada lagi kejadian tersebut dalam timnya.

Sesaat sebelum balapan, Aleix merasa ada yang aneh saat melakukan warm up lap. Ternyata, motornya berada dalam mode penghemat bahan bakar atau Eco Mapping.

Baca juga: Maafkan Kesalahan Mekanik, Aleix Targetkan Menang di MotoGP Thailand

Dia pun langsung masuk ke pit dan menukar motornya. Aleix yang start dari pit akhirnya finis di posisi ke-16 dan tetap tidak mendapatkan poin.

Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Austria 2022. (Photo by VLADIMIR SIMICEK / AFP)VLADIMIR SIMICEK Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Austria 2022. (Photo by VLADIMIR SIMICEK / AFP)

"Kami benar-benar mengacaukannya. Ini adalah human error, ini bisa saja terjadi," ujar Massimo Rivola, CEO Aprilia Racing, dikutip dari Speedweek.com, Selasa (27/9/2022).

Rivola menambahkan, sudah tugas Aprilia untuk memahami mengapa insiden tersebut bisa terjadi. Dia menyebutkan, ada dua sudut pandang yang bisa diambil.

Baca juga: Ini Penyebab Aleix Espargaro Ganti Motor di GP Jepang

"Pertama, untuk menciptakan prosedur seperti pesawat dengan dua kali hingga tiga kali pengecekan. Lalu, dengan melihat fakta bahwa terkadang kami tidak membuat sesuatu dengan rumit dan mungkin melakukannya dengan lebih sederhana," kata Rivola.

Aleix Espargaro saat balapan pada MotoGP Inggris 2022Kompas.com/Donny Aleix Espargaro saat balapan pada MotoGP Inggris 2022

Rivola mengaku sangat menyayangkan insiden tersebut bisa terjagi. Tapi, dia juga mengatakan bahwa dengan bertambahnya balapan pada musim depan, 21 seri dengan format Sprint Race, bukan berarti meningkatkan potensi terjadinya human error.

"Kami semua terbiasa dengan pekerjaan ini. Kami bukan pemula. Ketika saya berpikir kami akan memiliki dua balapan dalam satu pekan, itu hanya akan menambah jam terbang. Prosedur haruslah lebih ketat. Saya tidak melihat itu sebagai masalah saat ini," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.