Kompas.com - 26/09/2022, 11:12 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Honda Vario 125 dikabarkan akan mendapatkan pembaruan setelah sekian lama tidak mengalami ubahan sejak meluncur 2018.

Katanya, Vario 125 yang akan meluncur nanti menggunakan mesin 4 klep, menyerupai mesin Airblade 125 yang sudah meluncur lebih dulu di Vietnam.

Hal itu membuat Honda Vario 125 model baru ditunggu-tunggu kehadirannya oleh masyarakat. Sambil menunggu, Kompas.com ingin mengingatkan kembali bagi pengguna motor Honda Vario 125 model lama tentang penggantian oli mesin yang harus dilakukan secara rutin.

Baca juga: Model Baru Segera Meluncur, Begini Sejarah Honda Vario 125

All New Vario 125Dicky Aditya Wijaya All New Vario 125

Kepala Bengkel Ahass Baron Surakarta Canon, mengatakan penggantian oli mesin Honda Vario 125 sebaiknya dilakukan 2 bulan sekali.

“Kami sarankan penggantian oli mesin Honda Vario 125 setiap 2 bulan sekali atau setelah menempuh jarak 4.000 Km,” ucap Canon kepada Kompas.com, Minggu (25/9/2022).

Dia mengatakan penggantian oli mesin bisa dilakukan lebih dini, bila pengendara memiliki mobilitas yang tinggi.

Baca juga: New Honda Vario 125 Jadi Meluncur Pekan Depan?

Honda Vario 125 bekas- Honda Vario 125 bekas

“Jika pemakaiannya normal ya 2 bulan sekali, tapi kalau pemakaian hariannya padat seperti sales, atau ojek online maka penggantian oli sebaiknya dilakukan lebih dini, maksimal 1 bulan sekali, mereka biasanya sudah paham,” ucap Canon.

Dia juga menjelaskan dampak telat mengganti oli mesin, bisa sampai membuat volume oli menguap.

“Jika telat ganti oli, takutnya olinya habis, beberapa kejadian karena telat ganti oli mesin jadi bermasalah karena tidak ada pelumasan yang baik di dalam mesin,” ucap Canon.

Sehingga, penggantian oli mesin Honda Vario 125 sebaiknya dilakukan sesuai rekomendasi bengkel resmi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.