Bodi Jetbus MHD Jadi Model Paling Diminati Saat Ini

Kompas.com - 25/09/2022, 09:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri Adiputro punya berbagai lini produk untuk bodi bus single deck. Pertama ada Jetbus 3+ HDD, kemudian MHD, lalu ada SHD, sampai yang paling tinggi adalah UHD.

Jenis bodi bus yang disebutkan tadi diurutkan berdasarkan ukurannya dari yang terpendek sampai paling tinggi. Saat ini, bodi model MHD bisa dibilang paling banyak dipesan oleh para operator bus.

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, pangsa pasar saat ini memang lebih banyak memilih bodi MHD untuk single deck, terutama sasis dengan GVW 15 ton sampai 16 ton.

Baca juga: Bus Listrik Baru Dirasa Manfaatnya dalam Jangka Panjang

Bus AKAP baru PO EfisiensiDOK. ADIPUTRO Bus AKAP baru PO Efisiensi

"Sekarang pangsa pasarnya banyak MHD. Untuk bodi SHD hanya untuk sasis premium saja," ucap Yohan kepada Kompas.com, Sabtu (24/9/2022).

Selain sasis premium, beberapa model sasis yang awalnya bisa memakai bodi SHD, kini sudah tidak diperbolehkan. Contoh seperti unit-unit Jetbus SHD dengan sasis Hino RK.

"Karena sudah tidak bisa SHD, pilihannya ya MHD untuk sasis standar," kata Yohan.

Baca juga: Motor Listrik Alva One Siap Dikirim ke Konsumen November 2022


Kemudian untuk bodi HDD, mulai sepi peminatnya. Yohan mengatakan kalau kebanyakan orang beralih ke MHD yang punya bagasi lebih lega namun dengan biaya karoseri yang hampir sama.

"Harga karoserinya sama (HDD dan MHD). Untuk MHD Rp 520 juta kosongan atau bodi saja," ucap Yohan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.