Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Quick Shifter pada Honda New CBR250RR

Kompas.com - 21/09/2022, 11:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Honda Motor resmi meluncurkan Honda NewCBR250RR beberapa waktu lalu dengan ubahan mesin yang lebih bertenaga.

Dikabarkan ubahan tersebut ada di rasio kompresinya, sehingga tenaganya mampu mencapai 41,5 tenaga kuda pada 13.000 rpm dan torsi 25 Nm pada 11.000 rpm.

Namun, fitur-fitur penunjangnya masih sama dengan tipe 2020 seperti Quick Shifter pada bagian transmisinya. Apa sih sebenarnya, Quick Shifter pada Honda New CBR 250RR ini?

Baca juga: Berapa Bayar Pajak Tahunan Honda CBR 250RR?

ilustrasi motor Honda CBR 250RR.www.astra-honda.com ilustrasi motor Honda CBR 250RR.

Technical Training Coordinator Astra Motor Yogyakarta, Danang Priyo Kumoro, mengatakan Quick Shifter merupakan teknologi yang dapat melakukan perpindahan gigi dengan cepat pada transmisi manual, khususnya di motor Honda CBR 250RR.

“Quick Shifter merupakan teknologi yang berfungsi untuk mengoptimalkan perpindahan gigi sehingga mengurangi kemungkinan motor kehilangan tenaga saat berakselerasi,” ucap Danang kepada Kompas.com, Selasa (20/9/2022).

Dia mengatakan selain perpindahan gigi yang optimal, Quick Shifter juga cukup efisien karena pengendara tidak perlu menarik tuas kopling untuk melakukan perpindahan percepatan walau transmisinya tipe manual.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Motor Honda CBR 250

Honda CBR 250 RRKompas.com/Erwin Setiawan Honda CBR 250 RR

“Itu (Quick Shifter) memungkinkan pengendara untuk tidak perlu menarik tuas kopling dalam memindah percepatan transmisi,” ucap Danang.

Selain itu, Quick Shifter diprogram khusus untuk meningkatkan performa transmisi manual pada Honda New CBR 250RR.

“Dengan Quick Shifter ini, pengendara juga dapat menikmati akselerasi yang lebih responsif karena tidak ada jeda waktu saat memindahkan gigi,” ucap Danang.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Motor Honda CBR 250

New Honda CBR250RRKOMPAS.com/Adityo New Honda CBR250RR

Jadi, Quick Shifter pada Honda CBR 250RR ini cukup menarik karena sudah mirip dengan transmisi matik tipe triptonik pada mobil-mobil modern, tanpa memainkan kopling perpindahan percepatan tidak ada jedanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com