Kompas.com - 09/09/2022, 08:12 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil otomatik dibekali transmisi P untuk keperluan parkir. Tapi khusus untuk parkir di tanjakan, penggunaan gigi P tidak cukup harus disertai rem parkir atau balok.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, jika hanya menggunakan gigi P maka mekanisme pada transmisi matik akan berat untuk menahan gigi.

Baca juga: Cara Aman Parkir Mobil di Pinggir Jalan Agar Tak Bikin Celaka Orang

Macet parah bikin warga kelelahan, terlihat banyak mobil yang terparkir di pinggir jalan tol Jakarta-Cikampek, Kamis (7/7/2016). Febri Ardani/KompasOtomotif Macet parah bikin warga kelelahan, terlihat banyak mobil yang terparkir di pinggir jalan tol Jakarta-Cikampek, Kamis (7/7/2016).

"Transmisi matik ada mekanisme pengunci atau pawl lock yang mengunci gigi transmisi agar tidak berputar. Namun kalau hanya memanfaatkan pawl lock, mekanisme ini akan berat menahan giginya. Sebaiknya dibantu dengan rem parkir," kata Didi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Didi mengatakan, penggunaan gigi P pada saat parkir di tanjakan tidak berpengaruh terhadap mesin kendaraan. Hal ini dikarenakan mobil matik tidak menggunakan kopling melainkan torque converter.

Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, selain menggunakan rem tangan cara lain saat parkir di tanjakan agar mobil tidak mundur atau turun yakni dengan membelokkan ban.

Baca juga: Aleix Espargaro Patah Jari Kelingking Saat Tes Misano

Ilustrasi parkir mobil di jalan yang menurunsfmta.com Ilustrasi parkir mobil di jalan yang menurun

Jika pada saat parkir di pinggir jalan terdapat trotoar, pengemudi harus membelokkan kemudi ke arah kanan. Hal ini dimaksudkan untuk berjaga-jaga apabila kinerja rem tangan tidak maksimal atau bermasalah saat parkir di tanjakan.

Pada saat hal itu terjadi, mobil tidak akan langsung melorot ke bawah karena ban kiri depan akan menahan bebab kendaraan tersebut dengan trotoar. Hal ini juga bermaksud untuk meringankan kerja dari rem tangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.