Kompas.com - 07/09/2022, 19:02 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.comAprilia meluncurkan RSV4 edisi khusus yang menjadi superbike paling ringan dan kuat di sepanjang sejarah pabrikan asal Noale, Italia. Motor ini meluncur dalam rangka perayaan 30 tahun sejak Aprilia pertama kali meraih gelar juara dunia.

Dilansir dari Paultan (7/9/2022), Aprilia RSV4 Xtrenta mengusung mesin mesin 999,6 cc yang mampu hasilkan tenaga 230 tk, namun dengan berat hanya 166 kg. Kabarnya, Aprilia hanya memproduksi 100 unit RSV4 Xtrenta, dan ditujukan untuk penggunaan trek saja.

Performa luar biasa ini tak lepas dari departemen balap Aprilia yang meracik langsung RSV4 Xtrenta, dengan beberapa teknologi yang umum ditemukan pada motor balap Aprilia RS-GP.

Baca juga: Istana Presiden RI Mulai Pakai Kendaraan Listrik Berbasis Baterai

Aprilia RSV4 Xtrenta PAULTAN.org Aprilia RSV4 Xtrenta

RSV4 Xtrenta dibangun dengan berfokus pada aerodinamika, di mana fairing terbuat dari serat karbon yang sama dengan motor MotoGP.

Gabungan beberapa sayap di depan dan belakang dirancang agar memberikan downforce dan lebih sedikit hambatan.

RSV4 Xtrenta juga dibekali sistem knalpot SC Racing dengan bahan titanium dan karbon, termasuk radiator dan oil cooler, lalu sproket belakang, yang semuanya merupakan komponen MotoGP.

Baca juga: Alasan Revvo 89 Sempat Lebih Murah daripada Pertalite

Aprilia RSV4 Xtrenta PAULTAN.org Aprilia RSV4 Xtrenta

Melengkapi komponen-komponen tadi, motor ini mendapat sokbreker Ohlins yang dimodifikasi khusus bekerja sama dengan insinyur Aprilia MotoGP.

Adapun pengereman didukung kaliper monoblok billet GP4-MS terbaik Brembo dan cakram T-drive 330 mm, dengan pelek Marchesini M7R Genesi 17 inci, yang dibalut ban slick Pirelli Diablo SBK berukuran 120/70 dan 200/65.

Untuk ECU menggunakan unit Magneti Marelli yang dikalibrasi secara khusus untuk RSV4 Xtrenta. Sementara rangkaian elektroniknya dikendalikan oleh panel balap JetPrime.

Perihal tampilannya, Livery RSV4 Xtrenta ternyata terinspirasi dari warna Aprilia Racing 1992 di kelas MotoGP 125 cc, yang baru-baru ini juga terlihat pada RS-GP livery spesial tunggangan Lorenzo Savadori di MotoGP Austria.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.