Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marquez Sudah Berkendara Motor Lagi, Siap Tampil di GP San Marino?

Kompas.com - 01/09/2022, 09:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap andalan Repsol Honda Marc Marquez, kembali ke sirkuit untuk pertama kalinya dengan menunggangi sepeda motor pada hari Rabu (31/8/2022). Pebalap asal Spanyol itu mengendarai Honda CBR600RR di sekitar trek kart di Motorland Aragon.

Seperti diketahui, sebelumnya Marquez mengundurkan diri dari kejuaraan dunia MotoGP 2022, lantaran harus menjalani operasi penyelarasan pada tulang lengan kanannya.

Namun, proses penyembuhan terus menunjukkan ke arah yang positif, bahkan belum lama ini dokter yang menangani Marquez mengatakan bahwa tulangnya sudah tersambung dengan sempurna sehingga Marquez bisa menggerakan lengannya dengan normal.

Baca juga: Tekad Marquez Kalahkan Joan Mir di MotoGP 2023

Usai beristirahat selama kurang lebih lima bulan, akhirnya Marquez bisa kembali merasakan menunggangi kuda besi di lintasan. Ia pun membagikan momen membahagiakan itu di laman media sosial pribadinya.

“Hari ini saya tidak bisa berhenti tersenyum. Setelah upaya besar saya kembali mengendarai sepeda motor lagi. Terima kasih untuk kalian semua yang selalu mendukungku! Ayo pertahankan!!” tulis Marquez.

Meski sudah menunggangi motor di Aragon, belum diketahui secara pasti apakah Marquez akan mengikuti sesi tes Misano yang akan digelar akhir pekan ini.

Sebelumnya, Manajer Honda Alberto Puig, juga berharap Marquez bisa mengikuti tes Misano. Menurutnya, keikutsertaan Marquez dalam tes tersebut sangat penting untuk menentukan arah pengembangan prototipe RC213V di Valencia.

“Tes Misano sangat penting untuk mempersiapkan 'prototipe' untuk Valencia. Jika Marquez tidak ada di sana, kami akan sedikit buta,” kata Puig.

Bukan rahasia umum lagi, absennya Marquez membuat performa Honda menukik tajam. Saat pebalap andalannya cedera, tidak ada pebalap Honda lainnya yang bisa tampil kompetitif.

Baca juga: Marc Marquez Sambut Joan Mir, Saling Balas di Media Sosial

Bahkan meski sudah absen di enam balapan, koleksi poin Marquez masih lebih tinggi dibanding tiga rider Honda lainnya. Marquez sendiri berada di peringkat ke-14 dengan raihan 60 poin, sedangkan Takaaki Nakagami di posisi 16 (45 poin), Pol Espargaro ke-17 (42 poin), dan Alex Marquez ke-18 (27 poin).

Pada pertengahan musim ini, tim pabrikan Honda juga berada di peringkat keenam pada klasemen pabrikan. Jika dilihat poinnya, tertinggal hingga 161 poin dari Ducati yang memimpin klasemen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com